Menyambangi Warga Baduy di Lebak, Mensos Risma Berikan Bantuan Rp1 Miliar untuk Warga yang Jadi Korban Kebakaran

Jumat, 21 Januari 2022 01:57 WIB

Share
Mensos Risma memberikan bantuan sosial untuk warga Baduy (yusuf)
Mensos Risma memberikan bantuan sosial untuk warga Baduy (yusuf)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyambangi wilayah suku adat Baduy, tepatnya Kampung Cepak Huni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Kamis (20/1/2022).

Kunjungan Mensos Risma itu untuk memberikan bantuan kepada warga Baduy di Kampung Cepak Huni, yang pada bulan Oktober 2021 lalu menjadi korban kebakaran yang melalap habis rumah adat mereka.

Bantuan yang diberikannya juga tidak tanggung-tanggung yakni sekitar Rp 1.001.000.000 (Rp1 miliar).

Adapun rincian bantuan itu yakni Rp840 juta untuk 24 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi terdampak kebakaran, bantuan stimulan perekonomian untuk 5 kelompok senilai Rp125 juta, dan bantuan jaminan hidup selama 3 bulan senilai Rp36 juta.

 

"Kemaren kan bulan Oktober mereka kebakaran rumah, kurang lebih bulan Desember kita bantu mereka. Tapi ternyata itu ada aturan adat, dan baru bisa dibangun awal tahun sekarang," kata Risma di sela-sela kunjungannya.

Pada bantuan itu, Kementrian yang dinahkodai oleh Risma ini memberikan bantuan senilai Rp50 juta kepada 24 KK terdampak kebakaran. Bantuan itu tidak lain untuk membangun kembali rumah mereka yang sebelumnya telah rata dengan tanah itu.

"Terus ada bantuan perekonomian untuk mereka berusaha, dan ada juga bantuan biaya hidup selama mereka belum bisa beraktivitas semula. Kita berikan biaya hidup 3 bulan," katanya.

Selain bantuan senilai Rp 1 M itu, Risma juga mengaku telah menyerap aspirasi dari warga Baduy yang berharap adanya perbaikan jalan menuju akses masuk Baduy.

"Tadi ada permintaan jalan, kita siapkan dan bantu apa yang kurang. Dan kita berikan Rp100 juta untuk perbaikan jalan," tandasnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar