ADVERTISEMENT

Kim Jong Un Lebih Banyak Sebut Pabrik Traktor dan Seragam Sekolah Dalam Pidato Tahun Baru

Senin, 3 Januari 2022 22:00 WIB

Share
Kim Jong Un (Sumber: KCNA)
Kim Jong Un (Sumber: KCNA)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KOREA UTARA, POSKOTA.CO.ID -Pidato Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un lebih banyak menyebutkan pabrik traktor dan seragam sekolah daripada senjata nuklir atau Amerika Serikat menurut ringkasan media pemerintah pada Sabtu (1/1).

Pidato ini menandai akhir tahun ke-10 kekuasaan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Tujuan utama Korea Utara untuk 2022 adalah memulai pembangunan ekonomi dan meningkatkan kehidupan masyarakat. Demikian dilansir dari VOA Indonesia.

Hal ini karena menghadapi "perjuangan hidup dan mati yang hebat," kata Kim dalam pidato pada Jumat (31/12/2021) di akhir Rapat Pleno ke-4 Komite Sentral ke-8 Partai Pekerja Korea (WPK), yang dimulai pada Senin (3/12/2021).

Pertemuan itu bertepatan dengan peringatan 10 tahun Kim Jong Un mengambil alih kepemimpinan di Korea Utara setelah kematian ayahnya pada 2011.

Kim Jong Un menggunakan pidato sebelumnya sekitar Tahun Baru untuk membuat pengumuman kebijakan utama. Termasuk meluncurkan keterlibatan diplomatik yang signifikan dengan Korea Selatan dan AS.

Namun ringkasan pidatonya yang diterbitkan di media pemerintah Korea Utara tidak menyebutkan secara spesifik tentang AS. Hanya mengacu pada diskusi yang tidak ditentukan tentang hubungan antar-Korea dan urusan luar.

Fokus domestik pidato tersebut menggarisbawahi masalah ekonomi yang dihadapi Kim Jong Un di dalam negeri di mana kebijakan menutup perbatasan untuk mencegah pandemi yang dipaksakan telah membuat Korea Utara lebih terisolasi daripada sebelumnya.

Organisasi bantuan internasional memperingatkan kemungkinan kekurangan pangan dan krisis kemanusiaan.

"Tugas utama yang dihadapi Partai dan rakyat kita tahun depan adalah memberikan jaminan yang pasti untuk pelaksanaan rencana lima tahun dan membawa perubahan yang luar biasa dalam pembangunan negara dan standar hidup rakyat," kata Kim Jong Un. ***

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT