ADVERTISEMENT

115,1 Ton Ganja dan 3,3 Ton Sabu-Sabu Disita Sepanjang 2021

Kamis, 30 Desember 2021 11:00 WIB

Share
Ganja (Sumber ilustrasi: Pexels/@rodnae-prod)
Ganja (Sumber ilustrasi: Pexels/@rodnae-prod)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Sebanyak 115,1 ton ganja, 3,3 ton sabu-sabu, 50,5 hektare lahan ganja, dan 191.575 butir ekstasi disita sepanjang 2021.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus Reinhard Golose.

Petrus Reinhard Golose menyatakan bahwa barang sitaan tersebut merupakan barang bukti dari pengungkapan 85 jaringan sindikat narkoba, baik nasional maupun internasional, yang dilakukan BNN sepanjang tahun 2021.

“Jaringan sindikat narkoba internasional yang paling banyak diungkap berasal dari Golden Triangle dan Golden Crescent,” kata Petrus Reinhard Golose saat konferensi pers di Jakarta pada Rabu (29/12/2021) seperti dilansir dari Antara.

BNN dari jaringan tersebut kemudian berhasil mengungkap 760 kasus tindak pidana narkoba dan mengamankan 1.109 orang tersangka.

BNN dalam penangkapan kasus tindak pidana narkotika juga berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang berasal dari kejahatan narkotika.

Petrus Reinhard Golose menambahkan,“Dari 14 kasus TTPU yang diungkap dan 16 orang tersangka yang diamankan, BNN telah menyita barang bukti TPPU berupa aset dan uang tunai sebesar Rp 108,3 miliar.”

Berbagai tindakan tersebut merupakan bagian dari implementasi strategi pendekatan yang menitikberatkan pada tindakan pemberantasan.

BNN memaksimalkan strategi tersebut dengan melakukan operasi gabungan. Ini sebagai bentuk sinergisitas BNN dengan berbagai lembaga negara lain dalam memberantas narkoba.

“Bentuk sinergisitas dalam pemberantasan narkoba dengan seluruh kementerian dan lembaga, serta institusi terkait yang telah dilakukan sebanyak 199 kali,” ujarnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT