JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Inspektur Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Doddy Setiadi menuturkan bahwa jumlah pengunjung yang mengunjungi Program Indonesia Digital Opportunity pada hari pertama mengalami peningkatan dibandingkan pagelaran National Day.
Indonesia Digital Oporutunity dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2021 hingga 6 Januari 2022, sedangkan National Day diadakan pada tanggal 4 November 2021. Kedua acara tersebut bertempat di Paviliun Indonesia EXPO 2020 Dubai.
“Ketika National Day itu, panitia EXPO 2020 Dubai memberikan freepass kepada pengunjung pameran. Saat itu tercatat 15 ribu orang di Paviliun Indonesia saja. Kemarin (Jumat, 24/12/2021) jumlah pengunjung Paviliun Indonesia mencapai 11.390 orang," kata Doddy Setiadi di Business Lounge Paviliun Indonesia EXPO 2020 Dubai, Persatuan Arab Emirat, dikutip dari laman resmi Kominfo pada Sabtu, (25/12/2021).
“Jumlah itu tercatat peringkat kedua tertinggi mulai Paviliun Indonesia menjadi bagian dari EXPO 2020 Dubai. Total pengunjung Paviliun Indonesia hingga tanggal 24 Desember 2021 mencapai 515.718 orang," terang Doddy.
Ia juga menyatakan bahwa Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengapresiasi atas peningkatan pengunjung di hari pertama Program Indonesia Digital Oppotunity tersebut.
“Pak Menkominfo menyampaikan Wonderfull dan mengapresiasi delegasi yang menyelenggarakan even di Paviliun Indonesia,” jelas Irjen Kementerian Kominfo Doddy Setiadi dikutip dari laman resmi Kominfo pada Sabtu, (25/12/21).
Program tersebut juga melibatkan langsung Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo.
Di hari pertama Program Indonesia Digital Oppotunity sesi pertama diisi dengan presentasi dan diskusi tentang “5G Connectivity for Making Indonesia 4.0” yang disampaikan oleh Ismail selaku Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo.
Dalam sesi tersebut Ismail menjelaskan perkembangan pembangunan infrastruktur telekomunikasi sekaligus peluang investasi broadband dan teknologi baru di Indonesia.
Pada sesi selanjutnya diisi oleh presentasi dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo yang menghadirkan Kepala Divisi Pengembangan Bisnis TIK I BAKTI Kominfo Guntur Prayudi dan Kepala Divisi Pengembangan Bisnis TIK II BAKTI Kominfo Ade Dimijanty Sirait.
Bahasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo dalam presentasi menekankan pada upaya mengurangi kesenjangan digital melalui pembangunan infrastruktur dan ekosistem di kawasan pedesaan.
“Rangkaian pameran, diskusi bisnis, serta pertunjukan kreatif ditampilkan untuk memamerkan pencapaian terkini pembangunan digital serta menarik investasi sektor teknologi digital di Indonesia," ungkap Doddy dikutip dari laman resmi Kominfo pada Sabtu, (25/12/21).
Program tersebut ditutup dengan Workshop melukis telur serta penampilan Robot Brahmana, Sri Kandi, Robot IoT, Robot Delivery Services Mechanism, dan Workshop Robot dari AKPIND.
Di panggung terbuka Paviliun Indonesia, pengunjung juga dipersilahkan menyaksikan peragaan busana dan pertunjukan musik.