ADVERTISEMENT

Petugas RSDC Wisma Atlet Terpapar Omicron, Jubir Kemenkes: Penting Bagi Setiap Perjalanan Luar Negeri untuk Karantina!

Selasa, 21 Desember 2021 09:00 WIB

Share
Omicron terdeteksi di Indonesia/Pixabay
Omicron terdeteksi di Indonesia/Pixabay

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Terungkap kasus Covid-19 di Indonesia varian Omicron di Indonesia pertama kali. Orang itu adalah WNi yang telah melakukan perjalanan dari Nigeria yang tiba di Indonesia pada 27 November 2021.

Di Indonesia orang pertama kali terinveksi Covid-19 varian Omicron berinisial N. ia bekerja di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta dan tidak memiliki riwayat melakukan perjalanan luar negeri.

Saat ini N penyintas Covid-19 varian Omicron itu sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Berdasarkan penelusuran Kementerian Kesehatan N terpapar Covid-19 varian Omicron dengan mencari summber dala waktu 14 hari ke belakang. Dari hasil penelusuran tersebut, Kemenkes menemukan semua kasus WNI positif Covid-19 varian Omicron di Wisma Atlet pada 14 November hingga 3 Desember 2021.

Setelah melakukan penelusuran varian Omicron pasien berinisial TF tiba di Indonesia pada 27 November 2021 positif Covid varian Omicron. TF merupakan seorang laki-laki berusia 21 tahun.

Saat TF tiba di Indonesia tercatat 169 WNI yang telah melakukan perjalanan internasional telah melakukan karantina di Wisma Atlet dari 24 November hingga 3 Desember 2021.

Dari data tersebut Kemenkes menemukan TF terindikasi Covid-19 varian Omicron.

Selama melakukan karantina 169 orang bersama TF Kemenkes telah melakukan observasi oleh petugas kesehatan. Sehingga Kemenkes mengoptimalkan tracing guna penyebaran Covid-19 menyebar di Indonesia.

“Penting bagi setiap perjalanan luar negeri yang masuk ke Indonesia untuk melakukan karantina,” ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi.

Nadia menambahkna terdeteksinya Omicron di Indonesia karena Kemenkes secara tegas pemberlakukan karantina bagi warga negara Indonesia dan asing yang tiba di Indonesia setelah melakukan perjalanan dari luar negeri.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT