ADVERTISEMENT

Era Digital, Awal Kebangkitan Perekonomian Indonesia Pasca Pandemi 

Rabu, 15 Desember 2021 14:00 WIB

Share
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Akademisi Universitas Bakrie, Yudha Kurniawan, mengatakan pandemi COVID-19 memberikan pelajaran dalam membangun kembali perekonomian negara.

Dilansir dari RRI, ia mengatakan, bahwa pandemi mengajarkan kita untuk bergotong-royong membangun kembali perekonomian Indonesia.

Selain itu, menurutnya, pandemi memperlihatkan bahwa perkembangan teknologi sangat membantu aktivitas sehari-hari manusia.

Yudha juga mengatakan, cepat atau lambat perkembangan ekonomi akan condong ke arah digital. Sedangkan, tak disangka pandemi sejak awal 2020 mempercepat proses tersebut.

Di lain hal, Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin Penetrasi mengatakan, bahwa penggunaan internet di Indonesia yang cukup tinggi memunculkan berbagai peluang usaha baru.

Diantaranya adalah bidang usaha On Demand Delivery Service (ODSS). Banyak usaha ODSS yang sudah tak asing lagi, sebagai contoh Gojek, Bukalapak, Tokopedia dan lain-lain.

Sementara itu, sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, bahwa Indonesia memiliki potensi sangat besar pada sektor pasar digital yang berkembang pesat.

Atas dasar itulah, Jokowi mengingatkan, potensi pasar besar ini harus terus dikembangkan agar tidak diambil pihak lain.

Namun, Koordinator Informasi dan Komunikasi Maritim Yudi Syahrial memberikan fakta, yang seakan perlu dibenahi dan dikembangkan lagi oleh pemerintah.

Ia menyatakan, bahwa peningkatan perilaku digital masyarakat Indonesia yang meningkat, faktanya tidak dibarengi dengan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia yang terbangun secara merata.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT