ADVERTISEMENT

Kaleidoskop Olahraga Nasional 2021: Prestasi Indonesia jadi Sorotan Dunia

Senin, 13 Desember 2021 15:09 WIB

Share
Kolase kaleidoskop olahraga nasional pada tahun 2021. (foto: kemenpora/bwf/wsbk)
Kolase kaleidoskop olahraga nasional pada tahun 2021. (foto: kemenpora/bwf/wsbk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tahun 2021 tinggal menyisakan beberapa hari lagi menuju 2022. Selama perjalanan dunia olahraga dalam negeri di sepanjang tahun ini banyak momen terjadi, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai.

Masih dalam kondisi pandemi, kaleidoskop olahraga nasional sepanjang 2021 ini tentu masih belum ada yang bergulir sejak Januari karena pemerintah juga melarang adanya kerumunan, perjalanan di kegiatan seni budaya dan olahraga.

Baru pada Juli, kontingen Indonesia kembali berpartisipasi di pesta olahraga terbesar di dunia, yaitu Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar pada 27 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, atlet Indonesia berada di peringkat 55 dengan berhasil meraih dari 2 cabang olahraga andalannya, yaitu bulu tangkis dan angkat  besi dengan total 1 medali  emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu.

Tradisi medali emas diraih dari cabang bulu tangkis lewat pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Kemudian medali perak diraih oleh Eko Yuli Iriawan dari cabang angkat besi.

Lalu 3 medali perunggu diraih oleh Windi Cantika Aisyah dan Rajmat Erwin Abdullah (angkat besi) serta Anthony Sinisuka Ginting (bulutangkis).

Kemudian pada 24 Agustus sampai 5 Oktober 2021 Indonesia kembali mengirimkan kontingennya di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 dan berada di peringkat 43 dengan berhasil meraih 2 medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu.

Para atlet Indonesia yang meraih medali di Paralimpiade Tokyo 2020 ini di antaranya 2 medali emas dari dari cabang bulu tangkis pasangan ganda putri dan ganda campuran lewat Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah dan Leani Ratri Oktila dan Hary Susanto.

Tiga medali perak diraih oleh Leani Ratri Oktila, Dheva Anrimushti (bulu tangkis) dan Ni Nengaht WIdiasih (Powerlifting). Sementara empat medali perunggu diraih oleh Saptoyogo Purnomo (atletik), David Jacobs (tenis meja), Suryo Nugroho (bulu tangkis) dan Fredy Setiawan (bulu tangkis).

Kemudian di ajang Piala Thomas 2021, Indonesia berhasil membawa pulang trofi kemenangan sejak 19 tahun terakhir. Kali ini tim bulu tangkis Indonesia berhasil mengalahkan Tiongkok pada babak final dengan skor 3-0 pada 17 Oktober 2021.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT