ADVERTISEMENT

Tak Sesuai Harapan, Gubernur Anies Baswedan Minta OPD Tindak Tegas Kontraktor Sumur Resapan

Minggu, 5 Desember 2021 19:32 WIB

Share
Ketua DPRD, Prasetyo Edi Marsudi meminjau sumur resapan yang dibangun Pemprov DKI . (Ist)
Ketua DPRD, Prasetyo Edi Marsudi meminjau sumur resapan yang dibangun Pemprov DKI . (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menginstruksikan kepada seluruh jajaran dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  untuk mengawasi para kontraktor yang mengerjakan drainase vertikal (sumur resapan) di setiap titik.

"Kami instruksikan kepada OPD terkait, seperti Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk secepatnya mengevaluasi pekerjaan para kontraktor dalam membangun drainase vertikal," ucapnya, Minggu (5/12/2021).

"Kontraktor yang mengerjakan drainase vertikal perlu diinfokan secara transparan agar publik mengetahuinya dan ikut mengawasi pembangunan drainase vertikal yang sedang berjalan, maupun yang sudah beroperasin," lanjut Anies. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan, agar pembuatan sumur resapan berfungsi dengan optimal dalam mengatasi banjir/genangan, serta tidak membahayakan kepentingan umum seperti pengguna jalan.

Dia juga meminta agar seluruh OPD terkait mengidentifikasi jenis-jenis masalah, kemudian mengambil solusi atas masalah tersebut. 

Selain itu, agar jajarannya menegur para kontraktor untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul sesuai dengan prosedur, sekaligus standar durasi waktu penuntasan permasalahan tersebut.

"Tentu kami akan bertindak tegas jika terjadi permasalahan melalui mekanisme penalti terhadap kontraktor terkait jika terdapat penyimpangan. Lakukan segera dan panggil semua yang terlibat dalam pembangunan drainase vertikal," tegasnya. 

Dengan begitu, sambungnya, pengerjaan drainase vertikal sesuai dengan standar, serta berfungsi optimal dan tidak mengganggu kepentingan umum, terutama jangan sampai membahayakan orang lain.

Sebelumnya, pembuatan sumur resapan di Jalan Lebak Bulus II, Jakarta Selatan dikeluhkan pengendara jalan.

Selain membuat struktur jalan tidak rata dan membahayakan yang melintas, beberapa penutup sumur resapan pun nampak amblas. (deny)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT