POSKOTA.CO.ID – Tahun 2021 merupakan tahun yang spesial bagi pecinta Vespa di Tanah Air. Selain merayakan 75 tahun kehadiran Vespa di dunia, tahun ini juga merupakan perjalanan 10 tahun PT. Piaggio Indonesia.
Sepanjang 1 dekade ini PT. Piaggio Indonesia coba merangkul para konsumennya agar lebih dekat lewat beragam kegiatan komunitas, varian Vespa dan juga suku cadangnya serta menghadirkan beragam produk terbaik dari merek Piaggio, Aprilia juga Moto Guzzi.
Tim Poskota.co.id pun sempat memiliki beberapa pengalaman menarik dalam mengawal perjalanan 10 tahun PT. Piaggio Indonesia, serta merasakan langsung kehangatan, guyub dan keakraban dengan para komunitasnya yang dikenal dengan nama skuteris.
Salah satunya dengan hadir langsung pada acara Jakarta Vespa Mods May Day 2015 silam yang berlangsung di Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta yang dihadiri hingga ribuan pencinta Vespa.
Seperti diketahui pada momen tersebut merupakan pertama kalinya PT. Piaggio Indonesia mengadakan acara tradisi pengguna skuter yang sudah mendunia ini.
Mods itu sendiri adalah sebuah subkultur yang lahir dari kalangan kelas pekerja Inggris pada awal tahun 60an. Elemen penting dari subkultur Mod adalah fashion, musik (Soul, RnB, Jazz) dan Skuter (Lambretta & Vespa).
Sementara itu subkultur Mods dapat bertahan hingga saat ini karena ketiga elmen tersebut (fashion, musik dan skuter) yang tidak lekang oleh waktu, dan bisa kita lihat pada anak-anak Vespa di era milenial.
Pada acara Jakarta Mods May Day 2015 juga untuk pertama kalinya Piaggio Indonesia mengabadikan momen foto ratusan motor Vespa yang terparkir hingga membentuk tulisan Vespa yang terlihat dari udara.
Soal kebersamaan yang dirasakan oleh komunitas Vespa selama PT. Piaggio Indonesia hadir juga diungkapkan langsung oleh Adi yang merupakan skuteris senior dari komunitas Party-C Scooter (Parkir Timur Senayan Club Scooter) kepada Poskota.co.id.
“Sebagai komunitas Vespa saya merasakan langsung rasa kebersamaannya, mau pakai motor tua atau modern asalkan Vespa kita saudara, meskipun belum saling mengenal atau baru pertama bertemu,” buka Adi.
“Selain itu mengenai kehadiran PT. Piaggio Indonesia tentunya bagus, kita jadi lebih banyak pilihan Vespa yang bagus-bagus, meskipun ujung-ujungnya yang tua (Vespa) juga justru yang makin mahal,” ungkapnya sambal tersenyum.
“Intinya sesama anak Vespa kita tetap saudara, meskipun saya susah tembus untuk mengajukan proposal kegiatan kami ke sana, tapi kami tetap apresiasi kehadiran PT. Piaggio Indonesia yang sudah coba mengangkat komunitas Vespa menjadi gaya hidup di Indonesia,” jelasnya.
Kedua, pada tahun yang sama PT. Piaggio Indonesia juga meresmikan Training Center dan gudang baru mereka di Cakung. Pada kesempatan tersebut media yang hadir juga berkesempatan langsung merasakan performa skuter Vespa dan Piaggio saat melakukan test ride.
Terakhir, PT. Piaggio Indonesia juga membuat para skuteris bahagia dengan menghadirkan untuk pertama kalinya varian Vespa modern termurah dengan harga yang kompetitif, yaitu Vespa S125 yang saat itu (tahun 2015) dibanderol dengan harga Rp28,5 juta. (Muhamad Ichsan)