ADVERTISEMENT

Belasan Desa di Kabupaten Tegal Terendam Banjir, BMKG Minta Warga Tetap Waspada

Selasa, 23 November 2021 15:12 WIB

Share
Ilustrasi Banjir (Fotoc/r02) 
Ilustrasi Banjir (Fotoc/r02) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TEGAL, POSKOTA.CO.ID – Bencana banjir melanda wilayah Pantura Kabupaten Tegal usai diguyur hujan deras sejak Senin malam hingga Selasa pagi (22-23/11/2021).

Belasan desa di Kabupaten Tegal terendam banjir, peristiwa banjir terjadi akibat luapan Sungai Kemiri yang tidak mampu menampung tingginya intensitas hujan.

Banjir merendam ribuan rumah warga di Desa Sidaharja dan Jatibogor Kecamatan Suradadi.

Kemudian di Kecamatan Kramat merendam rumah warga di Desa Maribaya, Plumbungan, dan Kemuning.

Sementara di Kecamatan Warureja, banjir merendam Desa Kendayakan, Sukareja, Warureja, Banjaragung, Banjarturi, dan Kedung Kelor.

Kapolsek Dukuhturi, Iptu Bambang Masudiyanto mengatakan, banjir terparah melanda dua desa, yakni Desa Kepandian dan Dukuhturi karena letaknya paling dekat dengan sungai.

Ketinggian banjir setinggi lutut orang dewasa menggenangi jalan dan pemukiman warga. Seperti di Desa Kepandean dan Dukuhturi, Kecamatan Dukuhturi, sepeda motor yang dipakai menerjang banjir akhirnya mogok.

Sementara lokasi Pasar Kupu yang tergenang banjir terpaksa ditutup dan dialihkan ke pinggir jalan yang lebih tinggi. Untuk membantu warga korban banjir, aparat TNI dan Polri membagikan nasi bungkus kepada warga.

Peristiwa banjir ini disebabkan meluapnya Sungai Kemiri yang tak mampu menampung air hujan. Selain di Kecamatan Dukuhturi, banjir juga terjadi di Kecamatan Warureja, yakni Desa Kendayakan dan Sukalila. Selain itu juga Desa Sidaharja dan Kecamatan Kramat di Kecamatan Suradadi.

Sementara itu disinyalir, drainase atau saluran di sejumlah desa tidak mampu menampung air sehingga air meluap ke pemukiman warga.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT