ADVERTISEMENT

Politik Pertahanan

Sabtu, 20 November 2021 06:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Dengan caranya masing-masing, setiap negara memiliki strategi yang berbeda di dalam mengembangkan kekuatan militernya. Rusia lebih menempatkan pentingnya RMA dengan menempatkan persenjataan strategis di angkasa raya.

Amerika Serikat lebih tertarik pada fungsi integrasi C5ISR dengan meningkatkan daya presisi, kemampuan manuver, dan daya hancur guna menciptakan efek gentar yang semakin dahyat.

Belajar dari keberhasilan negara-negara maju di dalam membangun kekuatan pertahanan, semua keuanggulan tidak muncul tiba-tiba.

Ada beberapa syarat dasar bagi hadirnya kekuatan pertahanan suatu negara yang disegani.

Belajar dari kemajuan negara-negara dengan kekuatan militer yang disegani, dan berkaca dari pengalaman Indonesia di dalam membangun kekuatan pertahanan nasionalnya, dapat diusulkan beberapa hal strategis.

Pertama, adanya strategi dan doktrin yang dirumuskan dengan memperhatikan keseluruhan perspektif ancaman, kapabilitas nasional, kondisi geografis, dan dinamika geopolitik global.

Konspesi pertahanan tidak terlepas dari daya tangkal, ataupun kapabilitas suatu negara di dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang semakin kompleks.

Kapabilitas nasional memotret kemampuan kolektif nasional di dalam membangun kekuatan pertahanan atas dasar kekuatan riil pertahanan nasional saat ini, dan bagaimana gambaran kekuatan pertahanan Indonesia di masa depan.

Di situlah strategi dirumuskan atas dasar kapabilitas nasional yang akan dibangun dari perspektif ancaman masa depan.

Dinamika geopolitik global diperlukan untuk memahami keseluruhan peta aliansi pertahanan dan bagaimana Indonesia mensikapi hal tersebut.

Halaman

ADVERTISEMENT

Berita Terkait

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT