100 Persen Ampuh! Begini Tips Sukses Berbisnis di Instagram

Sabtu 20 Nov 2021, 22:28 WIB
Caption merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan pemilik UMKM yang memasarkan bisnisnya melalui Instagram. (Foto/unsplash)

Caption merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan pemilik UMKM yang memasarkan bisnisnya melalui Instagram. (Foto/unsplash)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Bisnis online memiliki peluang besar di era digital ini. Akibat pandemi Covid-19, bisnis online semakin digandrungi baik dari kalangan penjual maupun pembeli.

Kebijakan yang membatasi kegiatan masyarakat di masa pandemi Covid-19 membuat banyak konsumen dan penjual beralih ke bisnis yang dilakukan melalui berbagai platform online dan juga e-commerce

Platform media sosial kini menjadi instrumen yang penting dalam mempromosikan jasa atau produk yang akan dijual. Di tengah persaingan ketat berbagai bisnis online para penjual jasa maupun produk, diperlukan kemampuan khusus untuk mendapatkan keuntungan.

Diantara banyak platform media sosial yang digunakan masyarakat, Instagram menjadi salah satu platform yang mendukung penggunanya untuk menjalankan bisnis online.

Instagram bahkan memiliki kategori spesial yaitu business account bagi mereka yang ingin menjajakan jasa dan juga produk melalui Instagram.

Untuk mendapatkan akun bisnis ini, pengguna Instagram tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Pengguna layanan ini pun akan memiliki akses ke fitur eksklusif yang dapat membantu penjual untuk mengelola toko dan mempromosikannya.

Menggunakan fitur akun bisnis dapat membantu seseorang agar brand terlihat lebih serius dan profesional.

Meskipun telah tersedia fitur yang dikhususkan untuk melakukan bisnis, namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis tidak kalah dalam persaingan banyaknya bisnis online.

Poskota telah merangkum dari berbagai sumber mengenai tips untuk mempromosikan produk maupun jasa di Instagram agar tidak kalah bersaing dengan bisnis lainnya.

●        Tingkatkan produksi konten

Untuk mengetahui apa yang audiens sukai, lakukan eksperimen dalam konten Instagram baik melalui postingan di feed maupun Insta Story. Hal ini berarti perlu ada peningkatan terhadap produksi konten bisnis dan memposting lebih sering.

Agar konten yang dibuat tepat sasaran sesuai target audiens dari bisnis yang dilakukan, pastikan strategi yang dilakukan komprehensif dengan data-data eksperimen yang telah dilakukan, seperti di jam berapa saja followers menggunakan Instagram secara aktif atau mengikuti tren yang sedang disenangi banyak orang.

●        Gunakan tagar

Penggunaan hashtag atau tagar menjadi sesuatu yang perlu dilakukan oleh bisnis yang menggunakan akun Instagram. Gunakan tagar yang populer agar brand Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Selain itu, tagar yang dibuat khusus untuk merek bisnis Anda juga perlu dibuat agar memudahkan pembeli mencari produk yang diinginkan.

●        Gunakan fitur tag

Menggunakan fitur tag adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan Instagram Anda. Gunakan tag untuk menandai merek, followers, dan juga lokasi dimanapun dan kapanpun.

Notifikasi tag dapat diterima oleh siapa saja yang penerimanya dan ini dapat menjadi cara halus untuk mendorong promosi dari jasa atau produk yang Anda jual. (cr03)

Berita Terkait
News Update