ADVERTISEMENT

Waduh! Pemesanan Hotel Libur Natal dan Tahun Baru di Bogor Masih Sepi, Ini Penyebabnya

Selasa, 16 November 2021 13:05 WIB

Share
Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Hotel di Bogor Masih Sepi Bookingan. (foto: ilustrasi/dok. poskota)
Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Hotel di Bogor Masih Sepi Bookingan. (foto: ilustrasi/dok. poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022, kawasan tujuan wisata Bogor, masih melandai. Baik di kota maupun kabupaten, order bookingan atau pemesanan hotel maupun tempat wisata, rupanya masih menanti keputusan akhir pemerintah.

"Untuk Natal dan Tahun Baru booking hotel tuh belum terlalu kelihatan," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor, Jawa Barat, Yuno Abeta Lahay, saat dihubungi, Selasa (15/11/2021).

Atas kondisi tersebut, menurut Yuno, sejauh ini PHRI belum mendapat indikator-indikator peningkatan pemesanan hotel untuk kepentingan lain, seperti kegiatan perusahaan, pemerintahan setempat, keluarga maupun individu.

Rata-rata, jelas Yuno, okupansi atas dominasi kepercayaan kegiatan kementerian dan lembaga di hotel-hotel Kota Bogor mencapai 80 persen pada hari kerja dan di atas 90 persen pada akhir pekan.

Berkat pelonggaran kegiatan masyarakat pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 bukan hanya di Kota Bogor, kata Yuno, cukup berdampak positif pada okupansi hotel. Namun belum ada data mengenai pemesanan untuk libur akhir tahun. 

Daerah aglomerasi yang mencakup Ibu Kota Jakarta dan daerah sekitarnya di Jawa Barat membuat perputaran kegiatan ekonomi masyarakat mulai kembali bergerak  dengan berbagai pelonggaran sesuai levelnya.

Yuno menyampaikan, hotel-hotel di Kota Bogor merespons positif keadaan itu
dengan tetap waspada terhadap potensi gelombang ketiga penyebaran Covid-19.

Hal serupa diungkapkan Wakil Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor, Boboy Ruswandi. Menurutnya, hunian hotel menjelang libur Natal dan Tahun Baru masih belum terlihat.

Boboi mengatakan, hunian hotel untuk Natal dan Tahun Baru kemungkinan sudah ada. Hanya saja, masih di hotel-hotel berkelas saja.

Sementara, untuk hotel non bintang sampai saat ini masih terlihat sepi. Kondisi tersebut berbeda sejak 5 tahun lalu di mana menjelang libur Tahun Baru, hunian hotel sudah ramai dari beberapa bulan sebelumnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT