ADVERTISEMENT

Bersatu, Bangkit dan Tumbuh!

Senin, 1 November 2021 06:47 WIB

Share
Bersatu, Bangkit dan Tumbuh! (Kartunis/Sental-Sentil/Poskota.co.id)
Bersatu, Bangkit dan Tumbuh! (Kartunis/Sental-Sentil/Poskota.co.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BEBERAPA kejadian belakangan ini sangat memprihatinkan. Terutama para prajurit yang bertugas di daerah yang masih ada pengganggu negeri ini. Mereka yang disebut sebagai kelompok kriminal menyerang membabi buta pada para prajurit yang sedang bertugas menjaga NKRI. Perisitwa demi peristiwa yang menimpa anak bangsa tersebut membuat duka mendalam.

Peristiwa yang kadang nggak ngenakin juga terjadi di beberapa wilayah, tawuran antar kelompok, mengakibatkan korban sia-sia berjatuhan, luka-luka dan tewas karena serangan senjata tajam. Tawuran antar geng motor yang para pelaku masih sangat muda, juga memprihatinkan, bikin waswas masyarakat luas.

Apa sih yang mereka cari? Ya, bisa jadi ada yang soal isi perut. Kata pengamat apa yang dilakukan mereka nggak jauh dari perut, karena nggak bisa kerja secara legal, maka ada yang jadi begal. Ada yang berkelompok bikin geng, jadilah kelompok kriminal. Kadang mereka berebut lahan, memalak sebagai  mata pencarian.

Celakanya ada anak-anak muda yang tawuran hanya gagah-gagahan, gaya hidup, sok jagoan, saling singgung, senggolan, melotot bisa jadi tawuran besar-besaran sampai jatuh korban.

Sebenarnya, jika itu yang berbuat keliru adalah generasi muda, kasihan dong buat para pejuang yang mencetuskan Sumpah Pemuda. Mereka telah mempersatukan semua kelompok anak muda dari seluruh wilayah Nusantara. Dengan sumpah mereka menyatukan negeri tercinta ini, menuju kemerdekaan, merebut serta mengusir penjajah dari Tanah Air. Menghimpun kekuatan dan tekad, Satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa.

Lho kok dinodai. Bagaimana ini?  Saat ini kan tahu semua, bahwa negeri ini sedang kesusahan. Siapa lagi yang bakal menghibur, kalau bukan rakyat Indonesia, terutama generasi muda.

Cobalah yang masih asyik-asyik saja dengan perbuatan yang menyimpang, tenggelam pada narkoba dan perbuatan kriminal lain yang sangat mengganggu keamanan dan ketentraman. Lihat dong, tuh sebagian dari kalian, orang-orang muda pada berjuang di kancah internasional di bidang olah raga dan ilmu pengetahuan lain. Mereka pada mengukir prestasi luar biasa. Apa nggak kepingin?

Sudahlah lupakan ego, semua harus berpikir bahwa kita ini satu. Kita ini semua bersaudara, Bro! Ayo, bersatu, bangkit dan tumbuh! - Massoes

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT