ADVERTISEMENT

Wapres Harapkan Sektor Pariwisata Tumbuh Kembali Seiring Terus Membaiknya Penanganan Covid-19

Selasa, 26 Oktober 2021 20:10 WIB

Share
Wapres KH Ma'ruf Amin pada acara ASPEKSINDO. (foto: setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin pada acara ASPEKSINDO. (foto: setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden ((Wapres) KH Ma'ruf Amin mengharapkan sektor pariwisata tumbuh kembali seiring terus membaiknya penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Sebab itu, Pemerintah memberikan penghargaan  upaya seluruh pihak yang telah turut menyumbangkan upaya nyata untuk memulihkan sektor pariwisata yang terdampak sangat berat oleh pandemi Covid-19," terang Wapres.

Itu disampaikan Wapres pada acara Pelantikan DPP Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) dan Peluncuran gerakan “Sehat dan Sejahtera dengan Berwisata” secara daring di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Hadir dalam acara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dadang Rizki Ratman, Chairman PPHI Riyanto Sofyan dan Wakil Ketua Dewan Penasihat PPHI Siti Ma’rifah, dan Sekretaris Jenderal PPHI Noveri Maulana.

Wapres menjelaskan pandemi Covid-19 memberikan dampak pada berbagai sektor, salah satunya sektor pariwisata. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, terjadi penurunan tajam jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2020 yang mencapai 4.02 juta kunjungan, atau turun lebih dari 75 persen dari tahun 2019.

"Oleh karena itu, untuk dapat kembali berkontribusi pada perekonomian nasional, diperlukan pemulihan sektor pariwisata dengan tetap mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan masyarakat," tandas Wapres.

Wapres menambahkan untuk dapat segera bangkit dan kembali berkontribusi terhadap pendapatan nasional, kita perlu mendukung upaya pemulihan sektor pariwisata dengan mengedepankan aspek kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Wapres menyampaikan, bahwa tren pariwisata pasca pandemi tertuju pada destinasi wisata alam terbuka, dengan tetap memerhatikan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian (4K). Untuk itu, harus ada standar yang dipatuhi dalam mempersiapkan wisata yang aman bagi wisatawan.

"Pemerintah telah menerapkan protokol kesehatan berbasis cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) yang menjadi standar penyiapan destinasi wisata, sejalan dengan langkah pembukaan secara bertahap destinasi wisata di masa pandemi ini,” urai Wapres.

Di sisi lain, tambah Wapres, akselerasi pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat juga menjadi syarat utama dalam menyiapkan destinasi wisata yang aman. Program vaksinasi juga menjadi prasyarat pemulihan sektor pariwisata.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT