ADVERTISEMENT

Tak Disangka! Anak Indigo Sebut Ada Satu Orang Korban Kecelakaan Pesawat Adam Air 2007 yang Masih Selamat: Hilang Ingatan?

Senin, 25 Oktober 2021 07:49 WIB

Share
Ilustrasi pesawat kecelakaan dan menghilang. (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Ilustrasi pesawat kecelakaan dan menghilang. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Tragedi kecelakaan pesawat terbang Adam Air dengan nomor penerbangan 574 sudah lama sekali terjadi.

Kecelakaan terburuk pertama dari maskapai penerbangan Adam Air itu terjadi tepat pada 1 Januar 2007.

Pesawat adam air rute atau jurusan Jakarta-Surabaya-Manado itu telah dikonfirmasi hilang di Selat Makassar lepas Majene, Sulawesi, Indonesia.

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mengkonfirmasi bahwa tragedi kecelakaan itu disebabkan oleh adanya tiga faktor utama.

Ketiga faktor yang dimaksud yakni ada cuaca buruk, kerusakan pada alat bantu sistem navigasi inersia (IRS), dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat.

Tragedi kecelakaan pesawat itu saat itu sempat jadi perbincangan yang sangat hangat bagi kalangan masyarakat Indonesia.

Pesawat Adam Air 574 yang diketahui bertujuan akhir di Bandar Udara Sam Ratulangi, Kota Manado itu hingga saat ini pun masih juga belum ditemukan secara utuh.

Diketahui juga bahwa black box atau kotak hitam yang merupakan kompenen perekam data elektronik pesawat milik Adam Air 574 ditemukan di perairan Majene, Sulawesi Barat tepatanya di kedalaman 2.000 meter pada 28 Agustus 2007.

Seluruh 96 penumpang dan 6 awak kabin itu telah resmi dinyatakan menghilang dan tidak pernah ditemukan lagi.

Dari insiden kecelakaan pesawat Adam Air itu, hanya berhasil ditemukan salah satu bagian dari ekor pesawat (horizontal stabilizer pesawat) oleh seorang nelayan di Selatan Pare-pare, sekitar 300 km lepas pantai.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT