ADVERTISEMENT

Jelang Maulid Nabi Jangan Pernah Sombong untuk Berdoa, Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Senin, 18 Oktober 2021 14:38 WIB

Share
Ustaz Abdul Somad (Foto: Istimewa)
Ustaz Abdul Somad (Foto: Istimewa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menjelang Maulid Nabi, Ustaz Abdul Somad (UAS) mengingatkan kepada jemaahnya untuk tidak sombong untuk berdoa kepada Allah SWT.

Dalam ceramahnya yang diunggah di akun Instagram @ustadzabdulsomad_official yang dilihat Poskota.co.id, Senin (18/10/2021).

UAS menceritakan, ada imam masjid yang melakukan doa, namun tidak diikuti oleh jemaahnya.

"Bro kau tidak berdoa ,'Yang kemarin aja tidak dikabulkan, ngapain kita tambah lagi," katanya dalam ceramahnya.

"Jangan sombong, kau sombong 'addu'a mukhul ibadah' otaknya orang beribadah itu doa," jelas Ustadz.


"Addu'a silakhul mukmin senjatanya orang beriman itu doa," tambahnya.
 

Ustaz Abdul juga mengatakan untuk jamaah yang belum pandai berdoa. Ikutilah imam sedang berdoa.

"Kalau kebutulan masjid di imamnya berdoa'ikuti," jelasnya.

Sebagai informasi, maulid Nabi biasanya diperingati pada 12 Rabaiul Awal. Ada doa dan Manfaat saat membacanya.

Untuk di Indonesia akan dirayakan pada 20 Oktober 2021 dipindahkan satu hari, yang seharusnya pada 19 Oktober 2021.

Dalam islam itu sendiri, saat menyambut maulid Nabi, Anda dianjurkan untuk memperbanyak sholawat sesuai dengan surat Al l Ahzab ayat 56.

Tapi, tahukah Anda, apa arti Sholawat sendiri. Sholawat itu merupakan ucapan atau doa kepada Allah SWT untuk Rasulullah SAW.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada-Nya.” (QS. Al Ahzab : 56).

Namun, tahukah kamu, doa-doa yang dianjurkan saat menyambut hari besar tersebut.

Berikut ini adalah doa bulan Rabiul Awal yang harus kamu amalkan dan terapkan berdasarkan beberapa sumber yang dirangkum Poskota.co.id, Senin (18/10/2021).

Doa bulan Rabiul Awal

1. Sholawat Ma’tsuroh

Sholawat ma’tsuroh merupakan sholawat yang kalimat, cara membaca, waktu membaca dan keutamannya telah diajarkan oleh Rasulullah SAW sendiri.

"Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.”

 

2. Sholawat Ibrohimiyah

“Ya Allah, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Sebagaimana yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

3. Sholawat Al-Fatih

“Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petujuk menuju jalan-Mu yang lurus.

"Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

4. Sholawat Quthbul Aqthob

“Ya Allah, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat.”

5. Sholawat ummy

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW sebagai hamba, Nabi dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.”

6. Sholawat Mukafa’ah

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat, dalam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang Ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

7. Sholawat Ghozali

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang kekal dan terus menerus, ia kekal karena kekelalan-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu, tidak ada ujung baitnya tanpa keridhoan-Mu, tidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihat wujud-Mu yang mulia.”

8. Sholawat Syifa’
 

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliannya,"

"Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua," (
Jehan Nurhakim)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT