ADVERTISEMENT

Harmoko Sangat Menjunjung Tinggi Nilai Budaya Bangsa

Senin, 11 Oktober 2021 08:24 WIB

Share
Mantan Wapres Try Sutrisno.(ist)
Mantan Wapres Try Sutrisno.(ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Sebagai anak bangsa, almarhum H Harmoko sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Indonesia, dan memperhatikan jati diri serta budi luhur bangsa.

Demikian disampaikan mantan Wakil Presiden RI Jenderal (Purn) Try Sutrisno pada acara tahlilan dan doa 100 hari wafatnya H Harmoko yang dilaksanakan secara daring, Minggu malam (10/10/2021).

Try menambahkan ini sangat penting bagi generasi muda, khususnya kita yang hadir dalam acara tahlilan ini untuk menjunjung tinggi nilai  budaya bangsa seperti yang telah dilakukan Harmoko.

Try juga mengungkapkan kekuatan suatu bangsa berada pada kehidupan beragama, agama apapun, khususnya kita yang beragama Islam harus konsisten atau dalam bahasa Arab disebut "Istiqomah", konsisten dalam melaksanakan kewajiban  seperti yang diajarkan dalam ajaran Islam.

Try menilai almarhum Harmoko adalah orang yang "Istiqomah" dalam menjalankan kewajibannya, taat dalam beribadah dan juga kehidupan sosialnya.

"Karena itu Harmoko semasa hidupnya mendirikan empat pondok pesantren, salah satunya di Daerah Nganjuk. Ini luar biasa," papar Try.

Menurut Try, apa yang dilakukan Harmoko ini merupakan amalan yang akan terus mengalir sampai hari akhir nanti. "Sebab di hari persidangan nanti kita  tidak hanya ditanya tentang keimanan dan ketaqwaan saja," papar Try.

Namun, lanjut Try, setiap manusia akan ditanya tentang amalan dan perbuatan baik lainnya. "Sebab itu, almarhum Harmoko telah membuat amalan yang tidak akan putus-putusnya dengan mendirikan pondok pesantren tersebut," papar Try.

Try juga melihat Harmoko adalah orang yang mencintai seni budaya bangsa Indonesia.

"Sampai almarhum Harmoko pensiun ketika itu senantiasa bertemu saya setiap bulan  menyaksikan wayang di rumah seorang Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) TNI," papar Try.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT