Persiapan Jadi Tuan Rumah Final WorldSBK 2021, Kemenhub Gelar Simulasi Rekayasa Lalulintas di Lombok

Sabtu, 9 Oktober 2021 17:46 WIB

Share
Jelang Event World Superbike 2021 Mandalika, Kemenhub Gelar Simulasi Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas. (foto/mgpa)
Jelang Event World Superbike 2021 Mandalika, Kemenhub Gelar Simulasi Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas. (foto/mgpa)

POSKOTA.CO.ID – Sebagai dukungan persiapan gelaran World Superbike (WorldSBK) yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 19-21 November 2021, Kementerian Perhubungan menggelar Tactical Floor Game (TFG) atau simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Melalui simulasi yang berlangsung di Kantor Kemenhub, Jumat (8/10) ini, diharapkan mobilitas pergerakan orang dan kendaraan pada saat event berlangsung dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman, tertib dan sehat, dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.

“Kemenhub dan seluruh pemangku kepentingan lainnya telah berkolaborasi dan menyepakati bahwa adanya event ini harus mengutamakan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Sektetaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono.

Sesjen Djoko mengatakan, semua pihak terkait tengah menyiapkan rencana operasi yang terstruktur dan terukur dari mulai persiapan, pelaksanaan sampai dengan selesainya penyelenggaraan event.

Djoko mengungkapkan, Kemenhub telah memberikan sejumlah dukungan baik sarana maupun prasarana transportasi di Lombok untuk mendukung event ini.

Adapun sejumlah dukungan tersebut antara lain: Peningkatan Bandar Udara International Zainuddin Abdul Madjid, Lombok; Pembangunan Pelabuhan Laut Gilimas; Kajian manajemen dan rekayasa lalu lintas dengan membuat moda shifting dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Dari Simpul Transportasi menuju Sirkuit Mandalika; Operasional Penyelenggaraan Angkutan shuttle bus yang melayani pergerakan penonton di sekitar kawasan DPSP Mandalika; 

Subsidi Operasional Angkutan Antar Moda dari dan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Mandalika; Pembangunan fasilitas pendukung integrasi moda.

Pembangunan perlengkapan jalan dan bantuan teknis pembangunan perlengkapan jalan di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika; dan Peningkatan Pelayanan Angkutan Penyeberangan dari dan ke Pulau Lombok.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan, penerapan simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas ini untuk memberikan gambaran terkait pelaksanaannya di lapangan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar