Ini Dia 10 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Selasa, 5 Oktober 2021 17:21 WIB

Share
Olahraga Demi Kesehatan Jantung (Foto: Ist)
Olahraga Demi Kesehatan Jantung (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Penyakit Jantung menyumbang 30 persen kematian setiap tahun di Jamaika dan meskipun kita mungkin tidak terlalu memikirkannya, jantung adalah otot terpenting dalam tubuh.

Jantung memompa darah dan oksigen ke semua organ dan ketika jantung tidak mendapatkan perawatan yang dibutuhkan, masalah serius dapat terjadi.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengadopsi gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan jantung yang baik. Berikut 10 tips kesehatan jantung yang baik yang diberikan oleh konsultan ahli jantung Dr Rohan Wilks.

1. Pola makan

Salah satu hal terbaik yang bisa kita semua lakukan untuk diri kita sendiri adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Ada banyak diet berbeda di luar sana tetapi ada beberapa prinsip dasar yang direkomendasikan untuk kita ikuti. Hal-hal yang harus dimasukkan dalam diet kita adalah buah-buahan dan sayuran, ikan berminyak seperti salmon dan mackerel, biji-bijian (roti, nasi pasta), kacang-kacangan & kacang-kacangan dan makanan susu rendah lemak. Hal-hal yang harus dihindari termasuk daging merah dan olahan, makanan dan minuman manis, makanan olahan, karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, tepung putih dan makanan penutup manis, alkohol berlebihan dan garam berlebihan.

2. Latihan

Seiring dengan diet sehat, olahraga merupakan faktor utama dalam menjaga kesehatan jantung yang baik. Bertujuan untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu. Kita dapat mencapainya dengan berjalan, berlari, berenang, atau bersepeda lima hari seminggu selama 30 menit setiap hari.

3. Mencapai/mempertahankan berat badan ideal

Obesitas adalah faktor utama yang menyebabkan penyakit jantung dan menurut Survei Kesehatan dan Gaya Hidup Jamaika, setengah dari orang dewasa Jamaika kelebihan berat badan atau obesitas. Diet sehat dan olahraga adalah cara utama untuk mengatasi obesitas. Hal ini seringkali sangat sulit dan kita tidak perlu takut untuk mendapatkan bantuan profesional dari ahli gizi dan personal trainer jika kita mengalami kesulitan. Kami juga harus berkonsultasi dengan dokter kami karena mungkin ada pengobatan atau pilihan bedah untuk membantu dalam kasus-kasus tertentu.

4. Pertahankan tekanan darah normal

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar