ADVERTISEMENT

Apa Benar Suntikan Vaksin Covid-19 ke-3 Ampuh Lawan Varian Delta? Ahli Ungkap Penjelasan Ini

Minggu, 3 Oktober 2021 21:02 WIB

Share
Penerima Vaksin Jenis Ini Beruntung (Pixabay/fernandozhiminaicela)
Penerima Vaksin Jenis Ini Beruntung (Pixabay/fernandozhiminaicela)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Beberapa bulan terakhir, Covid-19 varian delta memang mengancam seluruh dunia.

Penyebaran Delta terlihat sangat cepat dan menyebabkan sejumlah negara kewalahan untuk menangkalnya.

Namun baru-baru ini ramai diperbincangkan, kabarnya suntikan booster Covid-19 disebut ampuh untuk menangkal Covid-19 varian Delta?

Profesor Sir Andrew Pollard, kepala Oxford Vaccine Group, yang telah berkontribusi pada pengembangan vaksin Oxford-AstraZeneca, bahkan berkomentar bahwa menurutnya, varian Delta yang sangat menular telah membuat pencapaian herd immunity menjadi tidak mungkin.

“Varian Delta masih bisa menginfeksi orang yang sudah divaksinasi. Dan itu berarti bahwa siapa pun yang masih belum divaksinasi pada suatu saat akan terkena virus, dan kami tidak memiliki apa pun yang akan menghentikan penularan itu,” katanya dikutip dari Medical News Today.

Selain itu, data terbaru juga menunjukkan bahwa kekebalan yang diberikan oleh vaksin Covid-19 memudar secara signifikan dari waktu ke waktu.

Hal ini juga berarti individu yang divaksinasi menjadi masih dapat terinfeksi.

Sementara data yang dipublikasikan tentang efektivitas booster vaksin Covid-19 terhadap varian Delta belum tersedia, beberapa perusahaan farmasi yang memproduksi dan mendistribusikan vaksin Covid-19 telah mengumumkan bahwa uji klinis baru-baru ini mendukung pandangan tentang pemberian suntikan booster.

Juru bicara Pfizer menjelaskan bahwa kesimpulan ini didasarkan pada data awal dari uji coba booster dosis ketiga vaksin miliknya saat ini dan uji laboratorium yang sedang berlangsung.

“kesimpulan ini didasarkan pada data awal dari uji coba booster dosis ketiga dari vaksin BNT162b2 saat ini dan tes laboratorium yang sedang berlangsung.”

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT