ADVERTISEMENT

Bangun Teknologi Finansial, Invelli Jadi Mitra Lembaga-lembaga Keuangan Baik Makro Maupun Mikro di Indonesia

Rabu, 29 September 2021 22:00 WIB

Share
Teknologi Finansial. (ist)
Teknologi Finansial. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Perkembangan teknologi finansial atau fintech tidak hanya melahirkan paradigma baru di tengah masyarakat melainkan pula diyakini dapat menyebabkan disrupsi finansial terhadap sektor keuangan.

Menghadapi masalah ini maka institusi keuangan seperti Bank Umum, Bank Perkreditan dan Koperasi harus berbenah agar mampu bersaing dan mempertahankan eksistensinya.

Robert Injaya, CEO Invelli, menyampaikan bahwa Invelli telah menjadi mitra lembaga-lembaga keuangan baik makro maupun mikro untuk membangun teknologi finansial di dalam lembaga-lembaga tersebut.

"Kami bekerja sama dan mendukung lembaga keuangan makro dan mikro yang sudah ada dari segi teknologi. Fokus perusahaan ini mendorong lembaga keuangan konvensional tersebut untuk tetap bertahan memberikan layanan kepada publik di tengah kemajuan teknologi yang begitu pesat. Jadi, dengan misi sebagai mitra teknologi finansial bagi semua lembaga tersebut, kami berharap ekosistem lembaga keuangan dapat lebih maju dan berkembang melalui kolaborasi dengan lembaga lainnya secara digital," tutur Robert Injaya, Rabu (29/9/2021).

Kemudahan layanan yang dihadirkan oleh fintech akan sulit disaingi oleh lembaga keuangan konvensional jika tidak memperbaharui diri.

Meskipun lebih menjamin keamanan proses peminjaman misalnya, bank umum tetap akan kalah dengan fintech dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat mengingat kemajuan teknologi komunikasi dan transaksi.

Banyak masyarakat memilih jalur mudah dan cepat melalui aplikasi online daripada pergi ke bank atau koperasi sebagaimana biasanya.

Meskipun dibalik kemudahan fintech terdapat resiko yang lebih besar, seperti P2P yang beresiko memiliki bunga lebih besar dan persentase gagal bayar yang tinggi, masyarakat khususnya menengah ke bawah dan UKM banyak mengaksesnya karena proses dan prosedurnya tidak rumit.

Ini menjadi tantangan bagi lembaga keuangan untuk bertransformasi melalui digital.

Solusi Teknologi

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT