ADVERTISEMENT

Kenalan Dengan PGM-FI, Teknologi Honda yang Ramah Lingkungan

Senin, 27 September 2021 16:26 WIB

Share
Kenalan sama teknologi PGM-FI (Foto/wahana)
Kenalan sama teknologi PGM-FI (Foto/wahana)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Pemilik sepeda motor Honda pastilah tidak asing dengan beberapa emblem bertuliskan PGM-FI.

Tidak hanya sekedar stiker, tulisan ini sekaligus menegaskan betapa Honda serius ciptakan kendaraan yang mampu menjaga kualitas udara lebih bersih dengan teknologinya. 

Dipastikan seluruh line up Honda khususnya yang beredar di tanah air seluruhnya telah menyematkan teknologi dengan kepanjangan Programmed Fuel Injection (PGM-FI).

Teknologi yang terdaftar atas nama Honda Co., Ltd ini telah digunakan sejak 1993 dalam ajang balap bergengsi GP500 lewat motor sport legendaris Honda NSR500V. 

Kala itu, mesin balap dengan tipe 2 stroke dirubah dengan tipe 4 stroke sesuai regulasi balap dan teknologi inipun disematkan pada Honda RC211V hingga kini. 

Fakta dari teknologi peduli lingkungan ini ternyata mampu membuktikan dapat meningkatkan performa motor balap Honda diajang MotoGP.

Pengembangan dan penyempurnaan panjang yang dilakukan, akhirnya pada 2005 pabrikan Honda di Indonesia melalui PT Astra Honda Motor (AHM) mulai menerapkan teknologi ini pada tipe cub Honda Supra X125. 

Tonggak sejarah ini menjadi cikal 'pensiunnya' sistem karburator diseluruh line up Honda di Indonesia. 

Penerapan PGM-FI juga berdampak pada banyak faktor, mulai dari performa, keiritan penggunaan BBM, hingga perawatan yang semakin mudah.

"Tidak hanya irit, PGM-FI ini juga mudah perawatan dan semakin smart karena ditopang dengan deteksi kerusakan internal pada sistem PGM-FI," tutur Wahyu, Instruktur Technical Service Function (TSF) Wahana.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT