ADVERTISEMENT

Menggemparkan! Istana Resmi Izinkan Lagi PKI untuk Berdiri di Indonesia? Cek Faktanya

Selasa, 28 September 2021 12:39 WIB

Share
PKI Diisukan Kembali Berkuasa di Indonesia (Foto: Istimewa)
PKI Diisukan Kembali Berkuasa di Indonesia (Foto: Istimewa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Telah membuat geger masyarakat Indonesia tentang kabar dari pemerintah yang secara resmi telah mengizinkan Partai Komunis Indonesia (PKI) kembali berdiri di Indonesia.

Kabar tersebut pertama kali disebarkan oleh akun Instagram bernama @jho_whieoppa yang mengunggah potongan dari sebuah video Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo saat sedang berpidato.

Dalam video itu juga terdapat sebuah narasi yang menyebutkan bahwa sebenarnya Istana sudah mengizinkan lagi PKI untuk berdiri di Indonesia.

Bahkan disebutkan juga pemerintah sudah mempunyai Perppu untuk menghentikan organisasi masyarakat, tetapi ateisme dan komunisme bisa tetap beroperasi.

Berikut ini adalah narasi yang disebarkan tersebut:

“Mereka membuat PERPPU untuk menghentikan ormas oramas yg tak sesuai dengan Pancasila dan UUD45.. lucunya didalam PERPPU ini menyebutkan kalau paham Atheisme dan komunisme tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD45.. kalau sejarah yg saya baca dan kenyataan yg dilihat, komunisme tidak bertentangan dengan pancasila..bahkan telah oppa upload pernyataan sukarno tentang pancasila dan komunis, tp yg bertentangan dengan Pancasila adalah syariat islam… Jd kalau ada yg bilang pancasila di ambil dri Al quran itu cuma cocokologi agar kaum muslimin di buat bungkam, lihatlah kenyataan nya penghapusan 7 kata penting bagi umat islam di piagam jakarta :'(“

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah apakah kabar yang menyebut PKI kembali berdiri di Indonesia benar-benar terjadi?

Mengutip dari situs Turnbackhoax.id ternyata kabar yang mengungkapkan bahwa Istana telah mengizinkan kembali PKI untuk berdiri lagi di Indonesia jelas tidaklah benar.

Ternyata setelah ditelusuri video yang beredar itu adalah sebuah hoaks yang dulu sempat muncul.

Banyak yang tertipu juga karena video itu sudah diedit sedemikian rupa hingga menjadi persepsi yang baru.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT