4 Tips Aman Selamatkan Kucing Liar

Jumat, 17 September 2021 15:30 WIB

Share
Kucing liar seringkali kesulitan untuk mendapat makanan yang mencukupi. (Foto/unsplash)
Kucing liar seringkali kesulitan untuk mendapat makanan yang mencukupi. (Foto/unsplash)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kucing liar seringkali ditemukan di lingkungan sekitar kita, baik di dekat rumah, di jalanan sepi, maupun di bangunan yang sudah terbengkalai.

Hidup para kucing liar ini biasanya terbilang sulit, hal ini dikarenakan mereka kesulitan mendapat makanan dan minuman serta tempat tinggal yang layak.

Situasi seperti ini mungkin akan membuat orang yang melihat merasa iba dengan kondisi kucing dan memiliki keinginan untuk menolong.

Namun, masih banyak orang yang bingung dan tidak tahu bagaimana cara menolong kucing liar.

Melansir dari berbagai sumber, Poskota.co.id memiliki beberapa cara untuk membantu kehidupan kucing liar yang tidak sengaja ditemukan di jalanan:

●    Berhati hati-hati dan lakukan persiapan
Ketika bertemu kucing liar di jalanan kosong lakukan persiapan sebelum mendekati kucing tersebut.

Persiapkan handuk, selimut, selembar kain, dan juga makanan berbau tajam seperti tuna kalengan atau hati

●    Tangkap kucing dengan aman
Kucing liar yang ketakutan dan mungkin sakit atau terluka dapat berperilaku tidak terduga. Dekati kucing secara perlahan dan beri sinyal kepada kucing bahwa mereka berada di tangan yang aman.

Ketika bergerak ke arah hewan, berbicaralah dengan tenang untuk meyakinkan mereka. Pastikan mereka dapat melihat orang yang menyelamatkan mereka agar tidak terkejut. 

Jika memungkinkan, bujuk mereka untuk datang dengan menawarkan makanan berbau tajam seperti tuna kalengan atau makanan lainnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar