Beredar Foto Jalan Tol Cisumdawu yang Diklaim jadi yang Terkeren di Indonesia? CEK FAKTANYA

Kamis, 16 September 2021 21:01 WIB

Share
Beredar Foto Penampakan Jalan Tol Cisumdawu Diklaim jadi yang Terkeren di Indonesia? CEK FAKTANYA

JAWA BARAT, POSKOTA.CO.ID - Beredar sebuah foto dengan narasi yang menunjukkan jalan tol yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Foto ini beredar di media sosial, salah satu akun yang mengunggahnya ialah facebook Olivia, pada Kamis (16/9//2021)

Foto itu juga dilengkapi dengan narasi seperti ini:

"Jalan Tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI - SUMEDANG - DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung <> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3.5 jam.

Sebelumnya, Bandung <> Tegal tanpa toll perlu ditempuh 7 jam jika jalan lancar.." tulis narasi.

Lantas benarkah klaim yang menyebut jika Jalan Tol Cisumdawu merupakan jalan tol terkeren di Indonesia?

Dari penelusuran Poskota.co.id, klaim bahwa foto yang memperlihatkan jalan tol yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), adalah salah.

Faktanya, ini adalah info hoaks lama yang kembali beredar di tengah masyarakat terutama ramai di media sosial, salah satunya di grup WhatsApp.

Dikutip dari situs Turn Back Hoax, ditemukan fakta bahwa isu tersebut sudah pernah beredar dan sudah muncul dalam artikel periksa fakta dengan judul berbeda.

Secara detail, lansiran dari Turn Back Hoax tersebut pernah diunggah pada 25 Maret 2019 dengan judul “[SALAH] Foto penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang memangkas dan menerobos bukit”.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler