ADVERTISEMENT

Persiapan Venue PON XX Papua Rampung, Menpora Kejar Target Vaksinasi 70 Persen

Rabu, 15 September 2021 18:38 WIB

Share
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan persiapan fisik PON XX Papua telah rampung. (foto: kemenpora.go.id)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan persiapan fisik PON XX Papua telah rampung. (foto: kemenpora.go.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan bahwa persiapan fisik baik itu venue, tempat penginapan, maupun transportasi untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua sudah rampung.

Zainudin mengungkapkan, sekitar dua minggu lalu dirinya bersama Kapolri Listiyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto meninjau langsung empat klaster tempat penyelenggaraan PON yakni Kabupaten Jaya Pura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.

“Persiapan kalau bisa dibilang sudah siap, karena bahkan sudah ada yang sekarang ini sudah melakukan tes event,” kata Zainudin dikutip dari situs resmi Kemenpora, Selasa (14/9/2021).

“Kalau persiapan secara fisik alhamdulillah, tinggal ya sedikit-sedikit yang harus dibenahi baik untuk venue maupun untuk penginapan.” tambahnya.

Sementara itu, para atlet dan kontingen yang datang ke Papua sudah divaksin. Bukan itu saja, bahkan masyarakat yang berada di sekitar lokasi venue akan divaksin setidaknya 70 persen sesuai arahan Presiden Joko Widodo. 

“Memang vaksin masih kami kejar. Jadi kedatangan Kapolri dan Panglima dua minggu yang lalu itu selain untuk meninjau. Dan memastikan hal itu bisa dilakukan karena target kami harus 70 persen arahan bapak Presiden terutama yang di sekitar venue itu harus sudah tervaksin semua,” ujar Menpora.

Menpora pun mengajak masyarakat untuk memandang biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan infrastruktur olahraga pada PON XX ini bukan hanya pembiayaan semata, melainkan sebagai investasi untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM). 

Menurutnya, venue, tempat-tempat penginapan, kemudian kendaraan-kendaraan serta fasilitas olahraga yang ada dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan generasi muda Papua. 

Sementara fasilitas lainnya dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah dan universitas setempat untuk dijadikan asrama mahasiswa.

“Satu hal yang tidak kita sadari bahwa menyiapkan kegiatan buat kaum muda kita, kaum remaja akan menghindarkan mereka untuk berbuat hal-hal yang negatif. Karena dia ada kegiatan-kegiatan yang positif yang dilakukan, sarana dan prasarana infrastruktur ini bisa digunakan oleh anak muda kita,” ungkap Zainudin. (cr04)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT