POSKOTA.CO.ID – Era tahun 50-an sampai 2000-an, mungkin bagi anak motor sudah gak asing dengan motor bermesin 2Tak.
Saat itu para produsen masih banyak meluncurkan motor bermesin “ngebul” dengan suara yang garing, khas 2Tak.
Tapi seiring perjalanan waktu dan standar emisi dalam memproduksi motor yang ramah lingkungan, para pabrikan motor mulai beralih ke mesin 4Tak.
Meskipun begitu, akhir-akhir ini malah sering terlihat di jalan banyak para biker yang ingin bernostalgia akan kajayaan mesin 2Tak.
Mulai dari motor bebek sampai motor sport, bahkan mereka senang dijuluki dengan 2Tak Lovers.
Tapi buat bikers pemula, sudah pada tahu belum, nih perbedaan mesin 2Tak dengan mesin 4Tak?
Istilah mesin 2Tak dan 4Tak memang terdengar umum di masyarakat Indonesia.
Aslinya adalah 2Tak atau 4Tak yang dalam Bahasa Belanda artinya stroke atau Langkah.
Secara kasat mata, perbedaannya bisa dilihat dari asap yang keluar dari knalpot.
Motor 2Tak banyak mengeluarkan asap dari knalpotnya alias lebih ngebul.
Hal ini terjadi karena efek dari oli samping.
Namun mesin 4Tak justru tidak keluar asap dari knalpotnya.
Tapi di mesin 4Tak juga bisa terlihat ngebul apabila mesin sudah tidak normal akibat masuknya pelumas atau oli masuk ke ruang bakar.
Perbedaan besarnya ada pada jumlah langkah yang diperlukan dalam satu siklus pembakaran yakni 2 dan 4 langkah.
Dalam satu siklus mesin 4Tak, ada langkah hisap - kompresi - bakar - buang.
Sedangkan di motor 2Tak, langkah hisap dan buang terjadi bersamaan saat piston bergerak ke bawah (TMB).
Sedangkan langkah kompresi dan bakar terjadi bersamaan saat piston bergerak ke atas (TMA).
Akibat siklus yang lebih singkat untuk menghasilkan tenaga, biasanya mesin 2Tak punya keunggulan lebih responsif saat akselerasi.
Namun ada konsukuensinya, yakni bahan bakar jadi lebih boros.
Komponen yang ada pada mesin 2Tak juga lebih sedikit.
Pada mesin ini tidak ada klep in dan out hingga noken as.
Bahan bakar masuk lewat inlet port (saluran hisap) dan transfer port (saluran transfer).
Sedangkan pada mesin 4Tak, bahan bakar masuk lewat klep in yang diatur bukaannya oleh noken as.
Dalam hal pelumasan, mesin 4Tak hanya menggunakan satu jenis oli mesin saja.
614 RUMAH DI LEBAK TERENDAM BANJIR, KETINGGIANNYA SAMPAI SEDADA ORANG DEWASA (Poskota TV)
Sedangkan pada mesin 2Tak dibutuhkan oli samping yang ungsinya untuk melumasi piston, ring piston, kruk as, bearing kruk as.
Oli samping ini ikut terbakar di ruang bakar.
Jadi itulah perbedaan antara mesin 2Tak dengan mesin 4Tak, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan buat sobat Poskota.co.id