ADVERTISEMENT

Analisa Ahli Psikologi Forensik: Mereka yang Memusuhi Saipul Jamil Sebagai Pelaku Kejahatan Pedofilia adalah Keliru Paham

Senin, 6 September 2021 14:48 WIB

Share
Saipul Jamil, penyanyi dangdut saat baru saja bebas dari penjara LP Cipinang. (cr07)
Saipul Jamil, penyanyi dangdut saat baru saja bebas dari penjara LP Cipinang. (cr07)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pedangdut Saipul Jamil belakangan dikecam warganet lantaran dinilai tak tahu malu. Pasalnya mantan suami Dewi Perssik itu langsung wara-wiri di televisi usai keluar dari penjara karena kasus Pencabulan anak dan suap. 

Petisi tolak Saipul Jamil dari pertelevisian pun tak berhenti digaungkan oleh publik. Hastag-hastag boikot Saipul Jamil juga ramai trending di media sosial. 

Menyusul hal ini, sederet ahli pun turut ikut menganalisa soal tindakan Saipul Jamil. Salah satunya Ahli Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel. 

Dalam analisa Ahli Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel, dia menilai banyak yang salah kaprah mengenai istilah dari pedofilia.  Mereka yang 'memusuhi Saipul Jamil sebagai pelaku kejahatan pedofilia adalah keliru paham.

"Mereka yang 'memusuhi SJ karena SJ adalah pelaku kejahatan pedofilia' tampaknya keliru paham," ujar Reza saat dihubungi, Minggu (5/9/2021). 

"Semestinya mereka 'membenci SJ karena SJ adalah pelaku kejahatan seksual terhadap anak (tanpa embel-embel pedofilia) dan perbuatan jahatnya itu berupa homoseksual fakultatif'," tegas Reza. 

Menurutnya, Saipul Jamil tidak bisa dikategorikan sebagai Pedofilia. Mengingat korban dari Saipul Jamil ialah anak yang sudah masuk dalam fase pascapubertas.

"Aneh bahwa SJ dibenci karena dia disebut sebagai pedofilia. Korban SJ, saat kejadian, berumur di bawah delapan belas tahun. Artinya, mengacu UU Perlindungan Anak, si korban memang masih berusia anak-anak. Tapi karena si korban sudah melewati usia pubertas, maka SJ tidak bisa dikategori sebagai pedofilia," paparnya panjang lebar. 

Reza pun menjelaskan bahwa Pedofilia merupakan sebutan khusus bagi orang yang punya ketertarikan seksual pada anak-anak usia prapubertas. 

Maka sebutan yang lebih tepat bagi Saipul adalah ephebophilia. Namun hal ini masih perlu dipastikan kembali lewat pemeriksaan ahli. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT