Ya Ampun! Covid-19 Sebabkan 147 Anak di Serang Yatim Piatu, Pemkab: Sisanya Kami Kejar

Selasa, 31 Agustus 2021 21:23 WIB

Share
Sekretaris Dinsos Kabupaten Serang, Sri Rahayu Basukiwati. (foto: ist)
Sekretaris Dinsos Kabupaten Serang, Sri Rahayu Basukiwati. (foto: ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang mencatat sebanyak 147 anak di Kabupaten Serang kehilangan orang tuanya akibat meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Jumlah tersebut diketahui berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). 

Sekretaris Dinsos Kabupaten Serang, Sri Rahayu Basukiwati mengatakan, saat ini pendataan anak yatim yang orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19 masih terus dilakukan. Untuk sementara ini baru 11 kecamatan yang sudah didata.

"Update data anak yatim piatu, yatim dan piatu yang orang tuanya meninggal karena pandemi Covid per-31 Agustus 2021 total 147 anak," kata Sri Rahayu kepada wartawan, Selasa (31/8/2021).

Adapun kecamatan yang sudah didata antara lain Kecamatan Cikande terdapat 52 anak, Kopo 22 anak, Binuang 12 anak, Tunjung Teja 1 anak, Cinangka 3 anak, Kramatwatu 6 anak, Pamarayan 9 anak, Kragilan 8 anak, Anyer 4 anak, Ciruas 17 anak dan Cikeusal 12 anak.

"Sisanya tetap kami kejar, kami memang masih dikasih waktu, karena memang data kalau tidak disampaikan kasihan ke mereka, karena harus mendapatkan bantuan. Kalau data tidak disampaikan akhirnya kan tidak mendapat bantuan," tuturnya. 

Yayu mengungkapkan pendataan ini dilaksanakan sampai minggu pertama September. Pendataan dilakukan oleh TKSK. Kemudian untuk bantuan terhadap anak yatim tersebut akan diserahkan di anggaran perubahan.

"Ini memang inisiatif Kementerian Sosial, toh umpanya jenis bantuannnya apa masih dibahas. Karena kalau bentuk tunai anak-anak mah riskan," tuturnya. (kontributor banten/rahmat haryono)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar