Selanjutnya, perhatikan target pasar dan cara pemasaran produk. Melakukan survei melalui media sosial dan orang terdekat dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui prospek penjualan.
Pelaku UMKM berbasis digital kini bisa memanfaatkan platform online dan berbagai ecommerce yang tersedia seperti, Instagram, Shopee, Tokopedia, Gojek, Grab, dan platform lainnya.
Strategi Pelaksanaan
Agar mendapatkan hasil maksimal, UMKM perlu dijalankan secara berkesinambungan.
Atas dasar hal tersebut, pelaku UMKM perlu mengetahui cara pemasaran produk dan menarik pembeli.
Strategi pemasaran ini dapat dilakukan mulai dari orang terdekat, seperti teman dan keluarga Tujuan ini adalah untuk memperkenalkan produk dengan mudah karena ada faktor kepercayaan penjual dengan pembeli.
Kemudian, pelaku UMKM bisa mulai membangun platform untuk bisnis online dan memperkenalkannya ke masyarakat umum.
Platform dapat dibangun semenarik mungkin agar mampu memikat masyarakat untuk membeli produk.
Agar bisnisnya berjalan dengan stabil bahkan semakin melejit, pelaku UMKM berbasis online perlu mencari tren baru dan inovasi untuk mengembangkan produknya.
Persaingan bisnis digital yang ketat membuat pelaku UMKM perlu mengasah otak agar mampu bertahan. (nelsya namira putri)