ADVERTISEMENT

Pemprov Banten Bangga Saksikan Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy

Selasa, 17 Agustus 2021 20:10 WIB

Share
Gubernur Banten, Wahidin Halim bersama jajaran Muspida Banten saat peringat HUT ke-76 RI. (ist)
Gubernur Banten, Wahidin Halim bersama jajaran Muspida Banten saat peringat HUT ke-76 RI. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

"Tentu saja kita masyarakat Banten patut berbangga dan secara pribadi saya juga merasa terharu," kata Wagub Andika usai mengikuti secara virtual  Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten dengan agenda mengikuti sidang tahunan MPR, Senin, 16 Agustus 2021.

Andika mengatakan dirinya merasa bangga dan terharu  karena penghargaan yang begitu tinggi dari negara kepada masyarakat adat Baduy sebagai masyarakat adat khas Provinsi Banten dengan dikenakannya baju adat Baduy itu oleh Kepala Negara Presiden Jokowi pada forum tertinggi negara. 

Selain itu, kata Wagub Andika, momen dikenakannya baju khas Baduy oleh kepala negara kali ini juga adalah momen yang sakral yakni momen peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Untuk diketahui, Jokowi selalu mengenakan baju adat yang berbeda tiap menghadiri sidang tahunan MPR. Tahun lalu Jokowi mengenakan pakaian adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Dan tahun sebelumnya, mantan gubernur DKI itu mengenakan baju adat suku Sasak Nusa Tenggara Barat (NTB).  

Kali ini, Jokowi mengenakan baju adat dari suku Baduy, suku asli di Provinsi Banten. Pakaian yang dikenakan Jokowi berupa baju pangsi serba hitam dengan ikat kepala batik khas Baduy berwarna hitam bercampur biru. Tidak lupa Jokowi juga mengenakan tas Koja yang merupakan tas rajut khas Baduy.  

Sebelum menutup pidato kenegaraannya menyambut HUT RI ke-76 di forum tersebut, Jokowi mengumumkan bahwa dirinya mengenakan baju adat Baduy, pakaian khas suku Baduy, masyarakat adat asal Provinsi Banten. 

Jokowi mengatakan, dirinya memilih baju adat tersebut karena kesederhanaannya dan kenyamanan saat dikenakan.  

"Terima kasih kepada Bapak Jaro Saija, Kepala Adat Suku Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini," kata Jokowi disambut tepuk tangan anggota dan pimpinan DPR/MPR RI peserta sidang baik yang hadir secara fisik maupun virtual. 

Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tingkat Provinsi Banten, pada 17 Agustus 2021 dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan antara lain Renungan Suci di Taman Makan Pahlawan Provinsi Banten pada pukul 00.00 WIB, Upacara  Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tingkat Provinsi Banten dan mengikuti secara Virtual Upara Penaikan dan Penurunan Bendera Pusaka dalam rangka HUT RI ke-76 dari Istana Negara Republik Indonesia, Jakarta.(Adv-Biro Adpim Setda Provinsi

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT