Kenali Penyebab Hipospadia, Kelainan Kelamin yang Dialami Aprilia Manganang
Kamis, 11 Maret 2021 15:10 WIB
Share
Aprilia Manganang saat menjadi atlet voli wanita. (ist/facebook)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Nama Serda Aprilia Manganang kini sedang ramai diperbincangkan warganet. Namanya kini viral usai prajurit TNI itu diketahui berjenis kelamin laki-laki dan bukan perempuan.

Setelah hasil rekam medis, diketahui hormon testosteron Aprilia lebih tinggi dan di dalam organ dalamnya pun tak ada organ tubuh yang mestinya dimiliki perempuan.

Maka dipastikan Aprilia memang berjenis kelamin laki-laki. Namun lantaran kurang pengetahuan, saat dilahirkan orang tua dan paramedis di kampung Aprilia memutuskan salah satu prajuritnya yang juga atlet bola voli ini sebagai perempuan.

Baca juga: Kasad Ungkap Sersan Wanita TNI Aprilia Manganang Ternyata Laki-laki 

Sebenarnya, apa yang dimaksud dari penyakit Hipospadia itu sendiri? Hipospadia merupakan penyakit yang diderita sejak lahir (cacat lahir) yang ditandai dengan pembukaan uretra berada pada bagian bawah penis.

Hal ini jelas tidaklah normal karena seharusnya pembukaan uretra berada pada ujung penis. Uretra dari penderita Hipospadia mulai terlihat tak normal sejak minggu ke-8 hingga minggu ke-14 saat masih berada di dalam kandungan.

Lantas,apa saja penyebab penyakit Hipospadia ini bisa terjadi pada sebagian manusia? Berikut ini merupakan beberapa faktor atau penyebabnya.

1. Usia ibu yang mengandung ada di atas 35 tahun dan memiliki berat badan berlebih (overweight).

2. Terpapar suatu zat seperti rokok atau bisa juga pestisida.

3. Kelahiran yang masih sangat prematur.

Halaman
1 2