Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Sumardji. (ist)

Nasional

Selamat! Kapolresta Sidoarjo dan Banyuwangi Dapat Penghargaan dari Kemenpan RB

Kamis 18 Feb 2021, 22:36 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Polresta Sidoarjo dan Polresta Banyuwangi berhasil mempertahankan predikat Pelayanan Prima dalam evaluasi pelayanan publik yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kedua instansi polisi dari Jawa Timur itu dinilai dapat meningkatkan layanannya dengan penerapan teknologi, inovasi, hingga perbaikan kualitas sumber daya manusia.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Sumardji menyampaikan bahwa perbaikan sarana dan prasarana serta mental melayani dari para anggota kepolisian di Sidoarjo merupakan faktor utama dalam mempertahankan predikat Pelayanan Prima. 

Baca juga: Berkat Pengungkapan 302 Kg Sabu, Satresnarkoba Polrestro Depok Mendapat Penghargaan Trust Award dari Lemkapi

Dalam keterangan tertulisnya, Kementerian PANRB menyampaikan Kapolresta Sumatdji menilai tanpa adanya SDM yang kuat dan ditunjang oleh pemenuhan fasilitas sarpras yang baik, maka perbaikan kualitas pelayanan akan sulit terwujud.

Setidaknya terdapat 20 jenis layanan dari Polresta Sidoarjo yang dapat dirasakan oleh masyarakat di mini Mal Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo.

“Ini upaya yang dilakukan seluruh anggota, terutama mempertahankan Pelayanan Prima yang kedua kalinya. Untuk bisa mempertahankan lebih berat,” ungkapnya pada acara Penyampaian Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro Tahun 2020, di Mabes Polri Jakarta, Kamis (18/10/2021).

Baca juga: Polda Kalimantan Selatan Raih Penghargaan dari Lemkapi

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol. Arman Asmara Syarifudin menegaskan, jika mempertahankan predikat Pelayanan Prima lebih sulit dibanding meraihnya. Selama tiga tahun berturut-turut, Polresta Banyuwangi berhasil meraih predikat ini.

Dijelaskan, jajarannya mempertahankan predikat itu dengan meningkatkan semangat melayani serta membangun soliditas antar-anggota Polresta Banyuwangi. Tidak kalah penting adalah menciptakan inovasi yang bisa memberi kemudahan layanan pada masyarakat.

Kemudahan yang diberikan Polresta Banyuwangi adalah dengan menyatukan berbagai pelayan kedalam satu atap. Selain pelayanan secara manual, pihaknya juga menerapkan sistem pelayanan online dengan menggunakan aplikasi.

"Ini merupakan edukasi yang terbaik kepada masyarakat diera revolusi industri 4.0. Kita meningkatkan kemampuan SDM yang ada dilingkungan internal kepolisian, maupun di masyarakat sendiri sehingga dapat mengikuti perkembanggan zaman,” ujarnya. (johara/ys)

Tags:
polresta sidoarjobanyuwangipenghargaankemenpan rb

Reporter

Administrator

Editor