Dengan Kocek Sendiri, Pensiunan ASN Daryono Dirikan Taman Bacaan Al Arrasy di Koja

Rabu, 16 Desember 2020 18:23 WIB

Share
Dengan Kocek Sendiri, Pensiunan ASN Daryono Dirikan Taman Bacaan Al Arrasy di Koja

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Era digital nyatanya tak menyurutkan upaya Daryono (66) untuk terus mengedepankan pentingnya membaca buku. Dengan merogoh kocek sendiri, Daryono yang pensiunan ASN ini mendirikan Taman Bacaan Al Arrasy, di Koja, Jakarta Utara.

Taman Bacaan Al Arrasy tepatrnya berlokasi di Rusunawa Sindang, Jalan Sindang Raya RT 002/09, Kelurahan Koja, Koja, Jakarta Utara.

Daryono mengatakan, taman baca yang saat ini sudah menginjak 2 tahun ia dirikan dengan niat kepedulian terhadap generasi masa depan bangsa. Dirinya khawatir bila di masa depan nanti seorang anak saat ini tak memiliki keceradasan literasi.

Baca juga: Santer Diberitakan Telah Berafiliasi dengan Ormas, JNE Beri Klarifikasi

“Niatan saya mendirikan taman bacaan ini untuk mengangkat derajat anak supaya cerdas. Bukan pintar loh ya,” kata Daryono saat dikonfirmasi, Rabu (16/12/2020).

Meski dunia tengah ‘dirasuki’ era digitalisasi, namun menurutnya literasi buku wajib ditingkatkan bagi setiap manusia. Tidak melulu perangkat telepon salular maupun komputer membelenggu kehidupan tanpa disisipi literasi buku. 

“Anak sekarang mainan handphone. Orang tua juga nggak peduli dengan anaknya mau membaca buku atau tidak. Kalau begini terus negara ke depannya seperti apa?,” ungkapnya.

Baca juga: Wanita asal Jember Teriak Kecopetan, Korban Dibuntuti dari Stasiun Senen

Hingga kini, tercatat ada sekitar 300 buku dari beragam jenis tersedia di Taman Bacaan Al Arrasy. Buku ini merupakan hasil tabungan Daryono semasa bekerja sepagai aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan sejumlah sumbangsih donatur, mahasiswa, maupun warga sekitar.

“Karena sekarang pandemi jadi taman bacaan dibuka mulai Pukul 07.30-11.00 WIB. Siapa saja boleh datang asalkan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar