ADVERTISEMENT

Menhub Tunjuk Pelabuhan Tiga Bersaudara jadi Operator di Muara Berau

Jumat, 4 Desember 2020 17:44 WIB

Share
Menhub Tunjuk Pelabuhan Tiga Bersaudara jadi Operator di Muara Berau

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menetapkan PT Pelabuhan Tiga Bersaudara (PTB) sebagai operator pelaksana kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan pada Terminal Alih Muat Barang (ship to ship transfer) Muara Berau di Pelabuhan Samarinda.

Dengan penetapan itu, PT Pelabuhan Tiga Bersaudara bisa melaksanakan pengusahaan pelabuhan pada terminal dan fasilitas yang ada di area konsesi.

Penetapan dikuatkan dengan penandatanganan perjanjian konsesi pengusahaan pelabuhan antara PT Pelabuhan Tiga Bersaudara dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Samarinda pada Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub RI, di Hotel Des Indes, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (04/12/2020).

Baca juga: Pelabuhan Patimban Segera Sinergi dengan Tanjung Priok untuk Efisiensi Biaya Logistik

Perjanjian kerja sama terkait pemberian izin pengusahaan pelabuhan dinilai sangat penting agar pemerintah, dalam hal ini Ditjen Hubla Kemenhub memberi hak kepada PT PTB sebagai BUP atau operator pelabuhan.

“Menteri Perhubungan Republik Indonesia telah menetapkan PT Pelabuhan Tiga Bersaudara (PTB) sebagai pelaksana kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan pada Terminal Alih Muat Barang (ship to ship transfer) Muara Berau di Pelabuhan Samarinda,” ungkap Direktur Operasi PTB, Ario Bandoro Saputro.

Dia menambahkan pengusahaan jasa kepelabuhanan pada Terminal Alih Muat Barang Muara Berau di Pelabuhan Samarinda telah sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Nasional yang diatur dalam Keputusan Menhub Nomor: KP 432 Tahun 2017 tentang Rencana Induk Pelabuhan Nasional. Atas dasar ini, penandatanganan perjanjian konsesi dilangsungkan.

Efisiensi

Business Development PT Pelabuhan Tiga Bersaudara, Kamaruddin Abtami menambahkan, perjanjian kerja sama konsesi ini sekaligus memberikan kepastian hukum atas kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan yang dilakukan PT PTB. Termasuk efisiensi kegiatan pengusahaan di Pelabuhan.

“Kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan kepada stakeholders dalam rangka percepatan ekonomi nasional, terciptanya kompetisi yang sehat, serta meningkatkan profesionalisme,” imbuhnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT