ADVERTISEMENT

Pengamat: Tidak Tepat Menaikkan Iuran BPJS saat Pandemi Covid-19

Kamis, 26 November 2020 10:57 WIB

Share
Pengamat: Tidak Tepat Menaikkan Iuran BPJS saat Pandemi Covid-19

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Pengamat Ekonomi dan Kebijakan Publik dari Cikini Studi, Teddy Mihelde Yamin mengatakan, terkait naiknya iuran BPJS Kesehatan sebenarnya bukanlah sesuatu yang mengagetkan lagi saat ini. Tapi, naiknya iuran BPJS saat ini bukanlah momen yang tepat.

"Sangat tidak tepat momennya untuk menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Di mana saat sedang pandemi Covid-19," katanya, Kamis  (25/11/2020).

Teddy menyadari menaikan iuran BPJS Kesehatan yang rencananya dimulai per 1 Januari 2021 sebuah  dilema yang dihadapi  BPJS Kesehatan terkait tingkat klaim yang terjadi dan anggaran pemerintah. 

Baca juga: Masyarakat Tolak Kenaikan Iuran BPJS: Jangan Tambah Penderitaan Kami

Terkait naiknya iuran BPJS Kesehatan, lanjut Teddy, sebenarnya bukanlah sesuatu yang mengagetkan lagi saat ini, mengingat dilema yang dihadapi  BPJS Kesehatan terkait tingkat klaim yang terjadi dan anggaran pemerintah.

"Hanya saja kembali pemerintah dihadapkan pada pilihan yang sulit mengingat kondisi ekonomi masyarakat yang sedang susah," bebernya.

Teddy mengatakan, dalam kondisi saat ini sangat  disayangkan dan seolah menutup mata jika pemerintah dalam hal ini Menkes Terawan.

"Berdalih kenaikan tersebut sebagai amanat Peraturan Presiden 64 tahun 2020 atas kelas standar dan kebutuhan dasar kesehatan (KDK) dalam masa pandemi ini. Sekalipun disebutkan dengan berbagai pertimbangan seperti Kemenkeu, BPJS Kesehatan dan Kemenkes," katanya.

Baca juga: Menkes Terawan Isyaratkan Iuran BPJS Kesehatan Naik, Warga Bereaksi

Yang paling penting diingat, beber Teddy, faktanya masih banyak masyarakat tidak mampu dan tidak terdaftar sebagai PBI, jadi merekalah yang sangat terdampak. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT