Warga di Perbatasan Sukarela Serahkan Pistol Rakitan ke Satgas Yonif MR 413

Selasa, 17 November 2020 16:15 WIB

Share
Warga di Perbatasan Sukarela Serahkan Pistol Rakitan ke Satgas Yonif MR 413

PAPUA - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kout KM 31 menerima satu pucuk senjata rakitan jenis laras pendek alias pistol kaliber 5.56 mm secara sukarela dari warga Kampung Sanggaria Distrik Arso Kabupaten Keerom.

Memasuki masa penugasannya yang ke empat bulan di daerah operasi Perbatasan RI-PNG Sektor Utara Papua, Satgas Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad telah melakukan berbagai kegiatan yang dirasakan langsung manfaatnya oleh warga Papua seperti pengobatan gratis, khitanan massal, pembagian sarana kontak, karya bhakti pembangunan Gereja, dan masih banyak berbagai kegiatan teritorial lainnya.

Berbekal kemampuan teritorial yang didukung dengan naluri Intelijen dan Operasi Tempur, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad telah membuktikan kemampuannya dalam merebut hati rakyat atas kegiatan yang dilakukan secara tulus dan ikhlas.

Baca juga: Puspomad Akan Tindak Oknum TNI yang Terlibat Kasus Penembakan di Papua

Hal tak terduga pun terjadi, salah satu warga berinisial R (39) dari Kampung Sanggaria Distrik Arso Kabupaten Keerom menyerahkan satu pucuk pistol rakitannya kepada Pos Kout KM 31 yang merupakan salah satu Pos dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad.

Hal tersebut lantas dikonfirmasi Dansatgas Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Selasa (17/11/2020).

“Dari hasil wawancara, R menyebutkan bahwa ia mengaku telah lama menyimpan senjata itu sejak tahun 2014 silam. Ia juga mengungkapkan alasan menyimpan senjata tersebut, karena pada tahun tersebut masih marak terjadinya konflik antara warga pendatang (transmigrasi) dengan warga asli Papua di Kampung tersebut,” jelas Mayor Anggun.

Baca juga: Cuaca Tak Menentu, Prajurit TNI Bantu Kontrol Kesehatan Warga Papua

Dansatgas mengapresiasi atas keberhasilan Pos Kout KM 31 yang telah menerima pucuk senjata rakitan dari masyarakat secara sukarela. Ini salah satu wujud keberhasilan Pos Kout KM 31, dengan berbekal kemampuan teritorial yang didukung dengan naluri Intelijen dan Operasi Tempur mereka mampu mendapatkan senjata secara sukarela dari masyarakat tanpa harus menumpahkan darah atau korban jiwa.

“Ini yang kami harapkan bersama semoga dapat ditiru oleh Pos Satgas lainnya,” kata orang nomor satu di Satgas Yonif MR 413 Kostrad.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar