ADVERTISEMENT

Sesalkan Kerumunan di Petamburan, Mahfud MD: Bisa Buyarkan Upaya 8 Bulan Terakhir

Senin, 16 November 2020 15:22 WIB

Share
Sesalkan Kerumunan di Petamburan, Mahfud MD: Bisa Buyarkan Upaya 8 Bulan Terakhir

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyebut pemerintah menyesalkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan pada sepekan terakhir.

Salah satunya pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selain itu perayaan pesta pernikahan putri Imam Besar FPI Rizieq Shihab yang mengundang puluhan ribu orang.

“Pemerintah Republik Indonesia menyesalkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan pada pelaksanaan pesta pernikahan dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat,” kata Mahfud MD, saat konferensi pers, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus, yang disiarkan secara virtual, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Timbulkan Kerumunan, Panitia Acara Habib Rizieq di Petamburan Didenda Rp50 Juta

Dalam konferensi pers itu Mahfud MD didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, dan Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo.

Mahfud MD pun menyebut, pemerintah telah mencermati perkembangan situasi di Tanah Air, khususnya Ibu Kota. Dikatakan, dalam satu pekan terakhir, terjadi peningkatan signifikan dalam kasus Covid-19.

“Sementara pada saat yang sama, terjadi pula kerumunan massa dalam jumlah besar, terutama sejak hari Selasa tanggal 10 hingga 13 November di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya,” ujarnya.

Baca juga: Sah! Putri Habib Rizieq Resmi Nikah, Disaksikan Lautan Manusia

Mahfud MD menegaskan, penegakan protokol kesehatan di ibu kota merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berdasar hierarki kewenangan dan peraturan perundang-undangan. "Pemerintah pun telah memperingatkan Gubernur DKI Jakarta untuk meminta penyelenggara agar mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Mahfud MD menambahkan, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat telah mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk mengatasi pandemi Covid-19 dalam delapan bulan terakhir.  Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19 pun telah menunjukkan hasil positif, dengan tumbuhnya kesadaran di tengah masyarakat untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT