ADVERTISEMENT

Sebanyak 29 Ribu Relawan Daftar Jadi Duta Perubahan Perilaku

Kamis, 12 November 2020 18:03 WIB

Share
Sebanyak 29 Ribu Relawan Daftar Jadi Duta Perubahan Perilaku

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harry Harmadi mengatakan sebanyak 29 ribu relawan telah mendaftar untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku dalam melawan penyebaran Covid-19 di Indonesia. 

"Data per siang ini, sudah 29 ribu relawan mendaftar. Ini luar biasa, karena hanya dalam 25 hari mendapatkan sebegitu besar antusiasme," jelas Sonny dalam diskusi di Media Center Satgas, Kamis (12/11/2020). 

Sonny mengatakan, Duta Perubahan Perilaku adalah orang-orang yang peduli untuk membantu mencegah dan menghentikan rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. 

Baca juga: Satgas Covid-19 Soroti Kerumunan Massa Penjemput Habib Rizieq

"Bersama Satgas, mereka menjadi edukator, sosialisator, menyebarkan pengetahuan akan bahaya Covid-19 ke masyarakat. Mereka meyakinkan ke masyarkat bahwa Covid-19 itu nyata, bukan rekayasa, dan konspirasi," ungkap Sonny. 

 Sonny menyebut, Duta Perubahan Perilaku berasal dari berbagai golongan dan umur. "Paling banyak memang ASN (aparatur sipil negara). Tapi dalam seminggu terakhir animo dari mahasiswa kita sangat besar. Saya duga mahasiswa akan mendominasi lebih banyak," jelas Sonny. 

Sonny menyebut, para Duta tidak hanya langsung terjun ke masyarakat, tetapi mereka diberi pembekalan berupa pekatihan secara daring. Ini dilakukan untuk menyamakan pengetahuan dan meluruskan kesimpangsiuran. 

Baca juga: Cegah Covid-19, Kelurahan Cilincing Promosikan 3M Lewat Pro Gokil

Selain itu, Duta Perubhaan Perilaku jugabakan dibekali sebuah aplikato monitorinh. Aplikasi ini akan memantau laporan seberapa banyak orang yang telah diedukasi. 

"Tiap hari kami tau berapa yang sudah diedukasi. Bahkan, dilaporkan sudah ada 3,5 juta orang diedukasi dalam waktu 20 hari terakhir. Yang melakukan edukasi adalah duta perilaku," pungkas Sonny. (mita/win) 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT