HKN, Puskesmas Kramat Jati Gelar Bazar Cek Kesehatan-Tes Swab Gratis

Kamis, 12 November 2020 17:05 WIB

Share
HKN, Puskesmas Kramat Jati Gelar Bazar Cek Kesehatan-Tes Swab Gratis

JAKARTA - Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56, Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, menggelar pemeriksaan kesehatan hingga tes swab Covid-19 secara gratis.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara menyebut kegiatan ini sebagai bazar pemeriksaan kesehatan gratis. Karena banyaknya pelayanan kesehatan yang diberikan secara cuma-cuma untuk warga.

"Kami juga berikan layanan pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan tensi darah. Selain itu, pemeriksaan gizi meliputi pemantauan pertumbuhan balita, serta pemberian tablet darah pada remaja putri," kata Inda Mutiara, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Cegah Covid-19, Kelurahan Cilincing Promosikan 3M Lewat Pro Gokil

Inda melanjutkan, pihaknya juga menyiapkan konseling gizi untuk balita dan lansia. Bahkan, pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) untuk deteksi dini kanker serviks, skrining kesehatan jiwa, hingga skrining kesehatan lansia juga disiapkan. "Ini sebagai bentuk pelayanan kami untuk warga di hari kesehatan Nasional," ujarnya.

Inda menambahkan, pemeriksaan HIV, Sifilis, dan hepatitis, hingga rapid test dan tes swab, juga disiapkan bagi warga Jakarta khususnya mereka yang tinggal di Kramat Jati. Dan semuanya digelar gratis di halaman Puskesmas Kecamatan Kramat Jati.

"Namun khusus pemeriksaan IVA untuk deteksi dini kanker serviks lokasinya di Paviliun Sehat, Kelurahan Kramat Jati," tuturnya.

Baca juga: Cuaca Tak Menentu, Prajurit TNI Bantu Kontrol Kesehatan Warga Papua

Terkait adanya rapid dan swab test yang dilaksanakan berbarengan dengan pelayanan cek kesehatan lainnya, Inda memastikan pelayanan tersebut berlangsung aman. Sebab, pihaknya sudah membagi dan memberi jarak lokasi kegiatan. Selain itu juga diterapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Untuk memberi kenyamanan, rapid test test dan swab test diadakan di halaman Puskesmas. Semua yang hadir juga selalu diimbau untuk tidak abaikan protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," pungkasnya. (ifand/ys)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar