ADVERTISEMENT

Kampanye Pilkada

Minggu, 25 Oktober 2020 06:00 WIB

Share
Kampanye Pilkada

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Karena itu tulisan ini hanya ingin mengingatkan semua calon kepala daerah agar tampil wajar dan berilah pencerahan kepada publik dalam pidato kampanye mereka. Janganlah rakyat itu hanya diberi janji-janji palsu dan pepesan kosong belaka. Jangan karena tahu bahwa sebagian besar rakyat di daerah itu lugu dan terbatas pendidikannya lalu seenaknya ditipu dengan janji-janji dan penampilan. Itu sangat menghina rakyat. 

Melalui proses Pilkada ini kita berharap terjadi proses pendidikan politik dimana makin lama, rakyat diharapkan dan diarahkan agar makin pandai memahami hak dan kewajibannya sebagai warganegara. 

Rakyat jangan hanya dibikin pinter menerima duit receh menjelang dan sehabis kampanye atau disuruh berbaris dipinggir jalan untuk memperoleh lemparan uang kertas dari dalam mobil pemimpin.

Lain dari itu, yang lebih penting, pemimpin itu punya kewajiban dan tanggung jawab untuk memajukan daerahnya secara fisik, ekonomi, politik dan sosial. Jadi itulah tugas pokoknya. Untuk menjalankan tugas itu, pemimpin diberi berbagai fasilitas dan penghormatan. Karena itu yang utama adalah terlaksananya berbagai tugas utama tersebut. Jika daerah dan warganya sudah makin maju dan warganya sudah tenterem kerto raharjo, ya silakan para pemimpin itu menikmati kehormatan yang tinggi dari warga daerahnya. **

(Prof Dr Amir Santoso, Gurubesar FISIP UI; Rektor Universitas Jayabaya, Jakarta).

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Winoto
Editor: Winoto
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT