Download E-Paper

Aksi Sosial di Tengah Pandemi, Dasa Wisma dan Jumantik Bagi-bagi bahan Makanan

Minggu, 18 Oktober 2020 - 18:12
Pemberian bahan makanan bagi warga terdampak Covid-19. (Ist)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, membuat puluhan anggota Dasa Wisma dan Juru Pemantau Jentik (Jumantik) RW 1, Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur tergerak untuk melakukan aksi sosial. Mereka pun membagikan bahan makanan ke warga yang terdampak.

Petugas Jumantik RW 01, Rini mengatakan, aksi yang dilakukan pihaknya untuk terus membantu warga yang terdampak di tengah pandemi Covid-19. Mereka pun menyiapkan ratusan bahan makanan yang diharapkan bisa membantu warga.

"Ini bentuk kepedulian warga terhadap tetangganya untuk saling membantu," katanya, Minggu (18/10).

Dikatakan Rini, pemberian bahan makanan itu sendiri rutin dilakukan di setiap hari Jumat. Dimana pada setiap hari itu ratusan bahan makanan gratis diberikan ke warga sekitar.

"Bahannya macam-macam, biasanya kita siapkan sayur sop, sayur asam dan sayur lodeh, hingga cabe, bawang, tomat. Jadi setiap Minggu itu kami ganti-ganti," ujarnya.

Aksi Sosial di Tengah Pandemi oleh Dasa Wisma dan Juru Pemantau Jentik (Jumantik)

Agar pemberian bahan makanan tepat sasaran, kata Rini, pihaknya bersama petugas dasa wisma pun terus melakukan pemantauan. Dimana awalnya, kami fokuskan semua bahan di satu titik dan selanjutnya baru disebar ke setiap RT.

"Ada juga warga yang datang ke titik yang sudah ditentukan untuk mengambil bahan makanan itu," ungkapnya.

Baca juga: Bersiap Hadapi Bencana Alam di Tengah Pandemi Covid-19

Baca juga: Tim Gugus Tugas Covid-19 Pinang Ranti Berkeliling Serukan Prokes Ke Warga

Selama proses pembagian bahan makanan mentah, sambung Rini, para anggota dan warga lainnya dibantu pihak RT dalam proses mengawal aksi sosial tersebut. Karena pihak RT sendiri yang paling paham siapa saja warganya yang terdampak.

"Jadi pemberian bahan makanan itu bisa tepat sasaran bagi warga yang sangat membutuhkan," imbuhnya.

Melihat antusias warga dan hasil positif yang didapat, Rini mengaku akan terus rutin menggelar kegiatan itu. Pasalnya, selama tiga pekan berjalan, warga mengaku sangat terbantu dengan kegiatan yang dilakukan. "Mudah-mudahan kedepannya kami akan menggelar seminggu dua kali," pungkasnya. (Ifand/tha)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->