Download E-Paper

Wapres Menegaskan Setiap Penyakit Pasti Ada Obatnya

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 06:05
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. (ist)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menegaskan setiap penyakit pasti ada obatnya. Vaksinasi menurutnya merupakan bagian dari pengobatan.

Itu disampaikan Ma'ruf saat  dialog bersama Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro, Jumat (16/10) sore.

Menurut Wapres,  pengobatan menjadi bagian perintah Allah, sebagaimana hadist yang menyebutkan “berobatlah kamu karena Allah tidak meletakkan penyakit kecuali ada obatnya”.

Baca juga: Soal Vaksin Covid-19, Wapres Ma'ruf Amin: Kalau Tidak Halal Tidak Apa

Mar'uf menyampaikan relevansi program vaksin dengan syariat Islam. Program vaksin dengan imunisasi adalah bentuk upaya untuk memberikan kekebalan tubuh dalam mencegah suatu penyakit, sehingga imunisasi merupakan bagian dari berobat, yang dilakukan secara preventif (sebelum terjadi).

 "Sehingga masalahnya, hanya apakah sudah ditemukan atau belum ditemukan saja obatnya, semua penyakit ada obatnya, kecuali pikun memang tidak ada obatnya. Sedangkan upaya kita untuk imunisasi merupakan pencegahan,” tuturnya.

Wapres juga menjelaskan, terdapat dalil umum dalam agama Islam yang menyatakan bersiap-siaplah dalam lima hal sebelum datang lima hal. Yakni siapkan masa muda sebelum masa tua, siapkan masa sehat sebelum masa sakit, siapkan masa kaya sebelum masa miskin, siapkan masa lapang sebelum masa sibuk dan siapkan hidup sebelum masa mati.

Baca juga: Wapres Sebut Satu Kornea Mata Diperebutkan Hingga 70 Penerima Donor

Menurut Wapres, dalil ini merupakan suatu perintah untuk menjaga kesehatan. Bahkan dalam kaitannya dengan pandemi maka upaya pencegahan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak ikut kerumunan termasuk dalam kategori ibadah.

Ia pun mengangkat kisah ulama terkemuka abad pertengahan, Ibnu Hajar al-Asqalani yang menulis kitab berjudul Badzlu al Maun Fi Fadhli al Thaun. Dalam kitab tersebut Asqalani menyebutkan apabila terjadi wabah maka penting dilakukannya mencuci tangan, menjaga jarak dan isolasi.

Di akhir wawancara, terkait penanganan Covid-19 Wapres berpesan kepada masyarakat agar tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Sementara, kepada Tim Satgas Covid-19, ia mengimbau agar terus melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif.

Baca juga: Dapat Jatah 1,2  Juta Orang, Vaksinasi di Bekasi Mulai November

“Tetap menegakkan disiplin, terutama daerah-daerah yang merupakan sumber penularan termasuk kluster keluarga yang saat ini sedang merebak serta kita harus terus bekerjasama dan terus semangat,” Ma'ruf menegaskan. (johara/win})

 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->