"Orang tua harus memberikan penjelasan terhadap anak bahwa berada di rumah adalah pilihan yang terbaik dalam situasi khusus seperti sekarang. Selanjutnya orang tua dituntut untuk kreatif menciptakan aktivitas-aktivitas yang melibatkan kegiatan fisik atau motorik atau membuat mereka berinovasi dalam ide-ide yang dituangkan dalam bentuk-bentuk lain," ucapnya.
Hubungan antara guru dengan orang tua juga diperlukan saat memberikan materi pembelajaran daring yang harus bersifat tematik dan dikaitkan dengan konteks Covid-19 sehingga anak bisa mengetahui situasi saat ini dan memperhatikannya.
"Harus ada 'update' dan 'aware' terhadap situasi, sehingga materi pelajaran tidak menjadi beban, tapi justru menjadi sarana untuk memahami realitas yang ada, bukan terjebak dengan hafalan, tapi secara sederhana bisa mengajak anak-anak belajar dengan contoh kasus yang ada,"tambahnya.
Dr. Wisnu berharap dengan adanya momen bekerja dan belajar di rumah bisa dioptimalkan untuk menguatkan hubungan antaranggota keluarga. (mia/ys)