Menhub Minta Nakhoda Waspadai Ombak Besar dan Cuaca Ekstrim Pada Pebruari
Selasa, 7 Januari 2020 21:51 WIB
Share
Ilustrasi.

JAKARTA  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi minta seluruh nakhoda kapal mewaspadai terjadinya ombak besar dan cuaca ekstrim pada bulan Pebruari.

Informasi yang diperolehnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi  cuaca ekstrem dan ombak besar bakal terus terjadi hingga Februari.

“Di utara Jawa  akan terjadi ombak yang ekstrem pada bulan Februari. Saya minta seluruh nakhoda kapal  mempersiapan segala sesuatunya," ujar Budi di Kantor Wapres, Selasa (7/1/2019).

BKS memprediksi ombak besar di bulan Februari jug akan terjadi di wilayah Indonesia timur. Kementerian Perhubungan menyiapkan sejumlah rencana untuk menyosialisasikan bahaya tersebut.

“Semua kapal  harus menyertakan alat keselematan seperti pelampung yang cukup. "Kami minta masing-masing daerah dan pemilik kapal  mempersiapkan apa yang perlu disiapkan," ujar Budi.

Guna memantau cuaca ekstrim, Menhub mengaku akan terus kordinasi atau mendapatkan informasi secara sistematis data dari BMKG  terutama di Indonesia bagian timur  bisa menyiapkan diri dengan bagus kalau ada suatu curah hujan atau angin yang berlebihan. (dwi/win)

Reporter: Redaksi
Editor: Redaksi
Sumber: -