Waspadalah, Jabodetabek Tiga Hari ke Depan Cuaca Ekstrim yang Bisa Bencana Alam Hingga Tanah Longsor

Jumat, 29 Oktober 2021 18:17 WIB

Share
Ilustrasi Hujan Angin
Ilustrasi Hujan Angin

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrim hingga longsor akan terjadi di Jabodetabek, selama tiga hari ke depan sejak Kamis (28/10/2021).

Warga pun, diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya sejumlah bencana alam dalam cuaca ekstrim.  

Himbauan kewaspadaan dampak terjadinya cuaca tersebut pun, ikut disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. Pihaknya pun, tetap melakukan monitoring dan koordinasi dengan BMKG 

"BPBD terus memantau prediksi potensi dampak bencana cuaca ekstrim sebagaimana yang disampaikan BMKG," terang  Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin ) BPBD DKI Jakarta, Mohammad Insaf melalui pesan tertulis, Jumat (29/10/2021).

Selain itu, monitoring juga dilakukan terhadap Ketinggian Muka Air (TMA) yang dikeluarkan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk disampaikan melalui Media sosial (Medsos) seperti Facebook, Instagram, twitter , dan lain sebagainya. 

"Termasuk juga WA (whatsapp) group yang beranggotakan instansi wilayah seperti camat, lurah dan Instansi teknis untuk mempermudah dan mempercepat informasi kepada masyarakat," ujar Mohammad Insaf. 

"Dengan begitu, masyarakat yang tinggal di wilayah dengan potensi rawan banjir dan longsor dapat mewaspai dan lebih awal akan adanya potensi bencana. Tujuannya,  agar dapat mengurangi resiko bencana," ungkapnya kembali.

Sebelumnya, BMKG memprediksi cuaca ekstrim yang akan terjadi di Jabodetabek selama 3 tahun ke depan .

Dalam beberapa hari, hujan dengan intensitas sedang hingga deras mengguyur hampir seluruh wilayah Ibu Kota. Guyuran hujan selama beberapa jam membuat sejumlah jalan tergenang hingga menyebabkan banjir.

“Hujan sedang hingga deras masih akan mengguyur wilayah Jabodetabek hingga tiga hari ke depan,” ujar Rika Kariani, Prakirawan BMKG. (*)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar