POSKOTA.CO.ID - Debt collector (DC) dari pinjaman online (pinjol) terkadang bisa bersikap kasar saat menagih utang. Tapi jangan panik. Ada cara tenang untuk menghadapi mereka tanpa harus merasa terintimidasi.
Menghadapi DC pinjol yang kasar memang tidak menyenangkan. Banyak orang merasa tertekan dan takut saat ditelepon atau didatangi oleh DC yang berbicara kasar atau bahkan mengancam.
Namun, menurut akun Youtube Fintech.id, keuangan yang aktif membagikan tips penanganan pinjol, kunci utama adalah wawasan dan mental yang kuat.
"Kalau teman-teman ini wawasannya masih kurang, pengetahuannya masih kurang, tentu saja ini akan terasa susah banget menghadapi mereka," jelasnya.
DC pada dasarnya bertugas untuk menagih agar utang segera dibayar, tapi beberapa oknum DC melakukannya dengan cara-cara tidak etis, seperti tekanan verbal hingga penggiringan opini.
Cara Menghadapi DC Pinjol yang Kasar saat Tagih Pinjaman
- Berikut cara cerdas menghadapi DC pinjol yang kasar, dikutip dari akun Youtube Fintech.id.
- Tenangkan diri, jangan panik. Jangan balas dengan emosi. Sikap tenang bisa membuat Anda tetap berpikir jernih.
- Pelajari Surat Edaran OJK No. 19 Tahun 2023 yang menjelaskan aturan etika penagihan utang oleh penyelenggara fintech. Jika DC melanggar, Anda berhak melaporkannya.
- Banyak DC mencoba menakuti dengan mengatakan Anda bisa dipenjara atau disita asetnya. Padahal, utang pinjol tidak serta-merta membuat seseorang bisa dipidana.
- Setelah tenang, mulai susun langkah penyelesaian utang secara rasional dan bertahap.
Baca Juga: Gagal Bayar Utang Pinjol Ratusan Ribu, Apakah Debt Collector Lapangan Tetap Datang ke Rumah Nasabah?
Seperti yang disampaikan narasumber, “Pasrahkan sama Allah, fokus berusaha, dan optimis ke depan. Jangan biarkan diri larut dalam tekanan.”
Dengan bekal wawasan, Anda bisa menghadapi DC kasar tanpa takut. Jangan ragu untuk mencatat setiap percakapan atau mengumpulkan bukti jika perlu melapor ke pihak berwenang seperti OJK atau Kominfo.