Tegaskan Komitmen Keberlanjutan, Peringkat ESG Telkom Meningkat

Jumat 21 Mar 2025, 17:39 WIB
Telkom kembali menunjukkan komitmennya mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (Environmental, Social, Governance/ESG

Telkom kembali menunjukkan komitmennya mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (Environmental, Social, Governance/ESG

b. 6.387 ton pengurangan jumlah limbah kantor total dari tahun 2023.

c. 80 persen limbah kabel fiber optic dialihkan dari pembuangan akhir.

Dampak Sosial: Digitalisasi dan Pemberdayaan   

a. Investasi Rp144,8 miliar dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

b. Mewujudkan inklusivitas digital dengan jaringan yang menjangkau 98 persen populasi di Indonesia.

c. Mencapai skor NPS 58 (kategori excellent) untuk TelkomGroup dengan kenaikan +2 poin dibanding 2023.

Tata Kelola Perusahaan: Kepemimpinan dalam Governance   

a. 100 persen kepatuhan terhadap regulasi, tanpa kasus besar yang terbukti. 

b. Sertifikasi SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti-Penyuapan untuk Telkom dan 13 anak usaha. 

c. 0 insiden kebocoran data yang kritikal, menegaskan keamanan informasi sebagai prioritas utama. 

VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri menambahkan, pencapaian ini meningkatkan semangat dan konsistensi Telkom dalam meningkatkan kinerja keberlanjutan, tidak hanya terpaku pada peningkatan angka rating, tetapi lebih dari itu adalah peningkatan kualitas pengelolaan perusahaan yang berdampak pada seluruh aspek keberlanjutan.

"Telkom perlu terus melakukan mitigasi berbagai risiko dan tantangan global yang berpotensi mengganggu operasi bisnis dan layanan TelkomGroup, di antaranya risiko keamanan siber, cuaca ekstrem dan bencana akibat perubahan iklim, serta kualitas sumber daya manusia yang sejalan dengan transformasi digital perusahaan,” ucap Wasisto.

Berita Terkait

News Update