POSKOTA.CO.ID – Karena sering muncul sebelum bulan Puasa, iklan Sirup Marjan setiap tahunnya memiliki cerita dan tampilan yang menarik.
Iklan Sirup Marjan 2025 ini bahkan bisa membuat penonton tercengang. Pasalnya, tampilan sinematik dari iklan terbarunya ini disebut-sebut menyerupai film Hollywood.
Sebelumnya, Marjan sering menghadirkan iklan bernuansa cerita rakyat seperti Timun Mas dan Buto Ijo (2019), Purbasari dan Lutung Kasarung (2020), serta Putri Hijau dan Tuan Jungkat (2023).
Teaser Iklan Sirup Marjan yang Memukau
Pada Ramadhan 2025 ini, perusahaan sirup tersebut benar-benar mengejutkan publik dengan mengangkat tema fiksi ilmiah (science fiction).
Iklan terbaru Marjan ini menampilkan visual efek canggih yang tak kalah dengan produksi Hollywood. Berdurasi sekitar satu menit tersebut, iklan dibuka dengan gambaran peradaban futuristik.
Dalam video teaser yang telah dirilir, terlihat kondisi bumi di masa depan. Di sana banyak mobil terbang, dan orang-orang yang juga bisa melayang.
Tokoh antagonis misterius, Calon Arang digambarkan sebagai sosok yang diangkat dari legenda Jawa dan menjadi pemimpin rezim teknologi yang menindas manusia.
Baca Juga: Bulan Ramadhan, Kepercayaan Masyarakat Terhadap Baznas Naik 32,5 Persen
Suasana mencekam semakin terasa dengan latar musik megah, mirip dengan film-film Hollywood. Kemudian, sosok pahlawan muncul dengan Marjan sebagai senjata utamanya.
Dengan slogan "Segarnya Hidupkan Semangat", karakter utamanya menggunakan kekuatan Marjan untuk mengalahkan Calon Arang dan membebaskan masyarakat dari belenggu teknologi.
Sejumlah netizen menyoroti kualitas Computer-Generated Imagery (GCI) uang digunakan dalam iklan tersebut, hingga menyebutnya sebagai Marvel versi Indonesia.
"Selamat datang di peradaban baru! Sudah siap menyambut bulan suci dengan marjan?" tulis akun resmi @marjanboudoin.
Baca Juga: Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan, Wartawan Pandeglang Santuni Anak Yatim
Mengenal Sirup Marjan
Sirup yang identik dengan bulan Ramadhan ini sudah menemani keluarga Indonesia sejak 1975, dan memiliki tagline tanpa pemanis buatan.
Pendirinya adalah Muhammad Saleh Kurnia, seorang pengusaha Indonesia keturunan Tiongkok yang juga mendirikan toko ritel modern pertama di Indonesia, Hero.
Kurnia kemudian mendirikan Marjan lewat PT Suba Indah pada 1975 yang pabriknya berada di pinggir jalan Jakarta-Bogor.
Pabrik minuman di tahun 1970-an memang masih sangat langka, dan hanya ada distributor saja yang menjual barang dari luar negeri ke Indonesia.
Baca Juga: Bayar Zakat, Donasi, dan Kirim THR Pakai DANA, Bulan Ramadhan Makin Berkah!
Iklan Marjan Disorot YouTuber
Kisah versi futuristik Calon Arang di iklan Sirup Marjan 2025 yang dinilai memiliki konsep mirip film Marvel ini juga mendulang decak kagum dari para YouTuber.
"Gila! Ini bukan iklan, ini film!" ujar YouTuber terkenal, dengan Channel 'Ngelantur Indonesia', dalam video reaksinya saat melihat iklan tersebut.
Dia juga mengungkapkan opininya mengenai iklan yang dilihat. "Ini jelas bukan iklan biasa. Dari kostum, efek visual, hingga sinematografi, semuanya kelas dunia," katanya.
Tak hanya itu, spekulasi mengenai anggaran produksi iklan ini pun bermunculan berkat tampilannya yang jauh dari pada iklan pada umumnya.
Beberapa kreator konten memperkirakan bahwa budget yang dikeluarkan Marjan untuk iklan ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan miliar rupiah.
"Gue yakin ini budgetnya enggak main-main. Minimal 50 sampai 100 miliar untuk produksi, belum termasuk biaya marketing," tandasnya.